Tips Mengisi Liburan di Hari Minggu Dengan Kegiatan Yang Positif dan Edukatif

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Hari Minggu adalah hari yang sering ditunggu karena ia adalah hari libur, setelah satu pekan penuh beraktivitas, baik belajar maupun bekerja. 

Namun juga tidak ideal jika di hari minggu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaaat atau bahkan merugikan bagi kehidupan kita.

Berikut beberapa kegiatan (aktivitas) positif sekaligus edukatif di hari Minggu selain hari yang tepat untuk aktivitas hobi Anda, ada beberapa hal yang layak dipertimbangkan di antaranya :

1.   Jogging (Senam Pagi)

Selain untuk kesehatan, senam pagi bisa digunakan sebagai aktivitas untuk belajar senam prestasi khususnya bagi pelajar.

2.   Pilih Tempat Rekreasi (wisata) yang Tepat

Jika ada jadwal berwisata, pilih tempat yang tepat. Yang menyenangkan sekaligus dapat memperdalam pemahaman kita terhadap segala sesuatu informasi yang pernah kita dapatkan sebelumnya, ambil photo dan video di sana (jika diperkenankan) untuk kenang-kenangan dan flash back nantinya.

3.   Menulis

Menulislah sesuatu pada hari libur ini. Karena dengan seringkali menulis, semakin terasah ketelitian Anda khususnya pada tulisan dan ini tentu akan berdampak positif pada SDM Anda sebagai peserta didik ataupun pekerja yang profesional nantinya.

4.   Membaca

Di hari libur, kesempatan Anda untuk membaca buku yang paling Anda minati, dengan membaca, pastinya wawasan Anda akan semakin luas, pemahaman pun akan semakin mendalam. Siapkan minuman segar di siang hari, lalu membacalah dengan happy.

5.   Silaturahmi

Manfaatkan waktu libur untuk berkunjung ke tempat handai taulan (family), sahabat-sahabat, ataupun kenalan-kenalan baru agar komunikasi semakin erat.

6.   Browsing Internet

Gunakan waktu luang untuk browsing internet, cari sesuatu yang selama aktivitas Anda tak sempat mencarinya. Agar penasaran-penasaran pada sesuatu yang belum Anda ketahui pada saat kemarin bisa Anda ketahui di waktu luang ini.

7.   Tidur Siang yang Cukup

Mumpung libur, Anda bisa menambah porsi tidur siang Anda lebih banyak daripada hari efektif tentunya. Cukupkan istirahat ini pada siang harinya, namun juga jangan terlalu lama, agar malam harinya tidak sulit tidur.

8.   Bermain Bersama Keluarga

Ajaklah saudara, pasangan, atau anak Anda untuk bermain bersama. Nikmati hari libur bersama mereka sambil mendekatkan diri antara satu dan lainnya.

9.   Menonton Televisi

Pilih tontonan televisi yang edukasi, setidak-tidaknya berita nasional. Agar kita tidak ketinggalan berita, karena di waktu hari efektif dapat dipastikan kita kekurangan suplay informasi ataupun berita dari televisi, khususnya pada siang hari.

10.   Membersihkan Rumah

Jika tidak hari libur, seringkali berbagai peralatan tidak berada pada tempatnya, lingkungan rumah pun seringkali tak terurus seperti rumput yang mulai tak rapi, bunga yang tak sedap lagi dilihat, serta beberapa hal lain yang tak sempat diatur secara optimal di hari kerja ataupun hari belajar. Di hari Minggu ini kesempatan baik untuk bersih-bersih rumah ataupun kamar Anda, merapikan taman dan lingkungan, serta menempatkan seluruh peralatan pada tempatnya.

11.   Menyiapkan Perlengkapan Untuk Aktivitas Esok Hari

Libur bukan berarti tidak memikirkan untuk hari kerja ataupun hari belajar esok harinya, maka persiapkan barang sebentar perlengkapan-perlengkapan yang harus Anda bawa di esok harinya. Bagi pelajar, cek buku belajarnya, selesaikan tugas dan PR, jangan tunda hingga esok hari, karena pekerjaan dan tugas esok akan ada lagi. Maka optimalkan hari libur pada hari Minggu ini agar esok di pagi harinya kita tidak kelabakan dan tergesa-gesa.

Demikian beberapa hal yang patut dipertimbangkan untuk mengisi kegiatan / aktivitas positif di hari Minggu ini. Semoga hari esok lebih baik dari sekarang. Aamiin… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips Mengisi Liburan di Hari Minggu Dengan Kegiatan Yang Positif dan Edukatif"

Post a Comment