Kriteria / Ciri-Ciri Pelayanan Publik Yang Profesional (Baik)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Pelayanan publik adalah pelayan yang diberikan oleh suatu pihak yang mempunyai kewajiban untuk mengakomodir, mengurus, dan menyelesaikan hingga tuntas atas apa yang menjadi keperluan seseorang atau pihak secara umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Namun dalam kesempatan kali ini, saya tidak membahas jauh tentang hal tersebut, namun hanya terkhusus pada bagaiman ciri-ciri ataupun kriteria pelayanan publik yang baik/profesional, sebagai berikut :
1.   Ramah (Komunikatif)

Dengan senyuman dan ucapan selamat datang, ataupun ucapan selamat pagi, siang, sore, atau selamat malam dan tentunya disertai senyuman adalah kriteria pertama dan utama. Ini akan mencairkan suasana tegang dalam proses selanjutnya nanti, dan si pelanggan pun akan semakin leluasa dalam mengutarakan maksud dan tujuan dari kepentingannya.

2.   Responsif

Cepat tanggap atas apa yang kira-kira menjadi keperluan pelanggan atau orang yang datang tersebut, menjawab pertanyaan dengan cepat, dan perhatian penuh pada kepentingan pelanggan.

3.   Proaktif

Segera beriniatif dalam membantu apa saja yang ada hubungannya dengan faktor kemudahan yang diberikan kepada pelanggan, misalnya photo copy jauh dari tempat layanan tersebut, namun kebetulan tersedia printer yang ada fasilitas copy, dapat dilakukan langsung di tempat itu.

4.   Konfirmasi

Penjelasan yang sejelas mungkin atas segala hasil proses yang telah diajukan pelanggan.Saat jam istirahat pun diberitahukan apabila tidak ada jadwal yang tertulis, agar pelanggan ataupun orang yang memiliki kepentingan tersebut tidak bertanya-tanya.

5.   Tindak Lanjut

Menyediakan layanan lanjutan, apabila diperlukan adanya perbaikan dan perubahan tertentu nantinya. Bisa meninggalkan kontak telepon, email ataupun sarana komunikasi lain yang bisa dihubungi dan diakses oleh pelanggan tersebut nantinya, kalau dalam jual beli istilah ini adalah layanan purna jual.

Demikian beberapa kriteria atau ciri-ciri pelayanan publik yang profesional. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

0 Response to "Kriteria / Ciri-Ciri Pelayanan Publik Yang Profesional (Baik)"

Post a Comment