Hal-Hal Penting Penggunaan Dapodikdas V.3.0.2 Tahun 2015

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam proses entry data aplikasi Dapodikdas di awal tahun 2015 mengawali semester 2 tahun ajaran 2014/2015 ini, dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas data, tentu kita perlu mengetahui hal-hal penting apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengguanaan aplikasi Dapodikdas v.3.0.2 ini.

Berikut informasi dari Dapodik Ditjen Dikdas bahwasannya untuk kebutuhan updating data DAPODIKDAS pada semester 2 tahiun ajaran 2014/2015, yang meliputi data (satuan pendidikan, peserta didik dan pendidik dan tenaga kependidikan) telah released aplikasi dapodikdas versi 3.02 dalam proses perubahan versi aplikasi dari v.3.01 ke v.3.02 adalah sebagai berikut :

1.      Pada data Satuan Pendidikan telah dilengkapi fitur peta koordinat yang telah di link dengan Google Map untuk memudahkan pemilihan titik kordinat lokasi sekolah.
2.      Terdapat pernyataan kepala sekolah berkaitan dengan kebenaran, kelengkapan dan kemutakhiran data yang dikirimkan oleh sekolah (muncul sebelum proses sinkronisasi dilakukan).
3.      Dapat dilakukan perbaikan nama dan tanggal lahir Peserta Didik dan PTK melalui aplikasi Dapodik.
4.      Terdapat peringatan (Alert) pada table peserta didik agar mengisikan Nomor KPS/KKS bagi peserta didik yang keluarganya memiliki kartu tersebut.
5.      Penyaluran tunjangan guru, alokasi dana BOS,dan program lainnya berdasarkan data pada periode semester 2 tahun ajaran 2014/2015.

Langkah-langkah untuk mengoperasikan aplikasi dapodik 3.02, sebagai berikut :

1.      Uninstall aplikasi Dapodikdas versi 3.00/ 3.01
2.      Install aplikasi Dapodikdas v 3.02 menggunakan installer v.3.0.2 (tidak ada patch)
3.      Generate ulang prefill di :
4.      Registrasi dan login di semester 2 tahun pelajaran 2014/2015
5.      Input dan update data semester 2 tahun pelajaran 2014/2015
6.      Informasi lebih lengkap baca manual 3.02 dan FAQ 3.02
7.      Kepala Sekolah agar memperhatikan kecepatan, akurasi dan kualitas data yang dikirim ke server Dapodikdas mengingat data tersebut akan digunakan dalam berbagai program/kegiatan di lingkungan Ditjen Dikdas Kemdikbud.

Adapun dalam proses input data pada aplikasi Dapodikdas v.3.0.2, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1.   Pengisian Data pada tab Rincian sekolah, contoh : akreditasi sekolah perlu diinput.
2.   Perbaharui Peserta Rombongan Belajar (Lanjutan Semester) dengan menggunakan fasilitas “Action Menu”.
3.   Perbaharui Data Periodik siswa (tinggi badan, berat badan, jarak ke sekolah, hingga jumlah saudara PD)
4.   Perbaharui Data PTK, seperti, Golongan, Data Sertifikasi dan Kenaikan Gaji Berkala.
5.   Cek pada kolom NRG, bila belum terisi, silahkan dientry dengan benar.
6.   Perbaharui data sarana dan prasarana baik kondisi dan data pelengkap. termasuk mencantumkan buku Kurikulum 2013 ke data pelengkap. Perhatikan juga jumlah siswa sesuai dengan jumlah meja dan kursi di data pelengkap ruang kelas, tapi juga tidak menutup kemungkinan ada beberapa sekolah yang kekurangan sarpras, seperti 1 meja digunakan 2 siswa.
7.   Perbaharui data Jumlah Jam Mengajar di Pembelajaran Genap sesuai Ketentuan Kurikulum KTSP 2006 atau Kurikulum 2013 berdasarkan data riil.
8.   Unduh profil sekolah sebagai bahan pengecekan data oleh kepala sekolah, karena sebelum sync, kepala sekolah harus mengecek terlebih dahulu seluruh hasil input data sebagai penanggung jawab atas seluruh data-data yang diinputkan oleh operator sekolah.
9.   Perbaikan data, input data baru, dan segera sync apabila diperlukan.

Demikian hal-hal penting terkait aplikasi Dapodikdas v.3.0.2, apabila komputer terasa lama loadingnya, silahkan hapus riwayat / historiesnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Hal-Hal Penting Penggunaan Dapodikdas V.3.0.2 Tahun 2015"

Post a Comment