Download Juknis / Panduan O2SN SMP Tahun 2015

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

O2SN adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga antara siswa SMP dalam lingkup wilayah atau tingkat lomba tertentu. Sasaran Siswa SMP negeri dan swasta termasuk SMP Terbuka dan SD – SMP Satu Atap dengan hasil yang diharapkan antara lain :

1.  Adanya peningkatan kondisi kesehatan jasmani siswa di sekolah sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis
2.   Terpilihnya siswa terbaik dalam bidang olahraga, sebagai bibit unggul atlet pada tingkat wilayah tertentu.
3.   Terjalinnya kesatuan dan persatuan antara siswa seluruh Indonesia melalui O2SN

Tujuan

1.   Meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga
2.   Meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif
3.   Meningkatkan kesehatan jasmani
4.   Meningkatkan mutu akademis
5.   Menciptakan kondisi kompetitif secara sehat
6.   Melatih sportivitas dan tanggung jawab
7.   Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga
8.   Meningkatkan pesatuan dan kesatuan antara siswa seluruh Indonesia

Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan telah berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan. Ujung tombak dari peningkatan mutu pendidikan adalah kegiatan proses pembelajaran di kelas.

Proses pembelajaran akan lebih efektif apabila ditunjang dengan kondisi kesehatan dan daya kreativitas siswa yang baik. Peningkatan kondisi kesehatan dapat ditunjang melalui beberapa kegiatan antara lain,  melalui bidang olahraga. Kegiatan yang lebih mengarah pada proses pembelajaran telah dilaksanakan di sekolah-sekolah melalui program-program yang telah tertuang pada kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Untuk menyemarakkan, memotivasi dan memberdayakan sekolah perlu didukung suatu wadah yang menampung kegiatan tersebut dalam bentuk pertandingan.

Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan kelanjutan dari kegiatan pertandingan yang sudah dikenal dan merupakan salah satu kegiatan yang sering dilaksanakan oleh sekolah. Kegiatan ini merupakan suatu wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani, dan daya kreativitas. Untuk itu dipandang perlu Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memprogramkan kegiatan O2SN yang diselenggarakan secara berjenjang dari sekolah hingga tingkat nasional.

Download selengkapnya panduan O2SN SMP Tahun 2014, silahkan klik di sini… Semoga bemanfaat dan terimakasih (sumber : http://dikdas.kemdikbud.go.id)

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Download Juknis / Panduan O2SN SMP Tahun 2015"

Post a Comment