Cara/Prosedur Pengajuan dan Edit NISN Peserta Didik Pada Satuan Pendidikan di Bawah Kementerian Agama (MI/MTs/MA) Tahun 2015

Sahabat Operator Emis bagi Madrasah mulai MI, MTs, dan MA yang berbahagia… 

Berdasarkan surat edaran dari PDSP Nomor 4390/P3/LL/2014 yang ditujukan kepada Dirjen Pendis tentang Pengelolaan NISN pada Satuan Pendidikan di bawah Kementerian Agama dalam rangka menindaklanjuti rapat koordinasi antara Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP), Kemendikbud, dengan Sub Bagian Data dan informasi Kementerian Agama, dan Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Balitbang, Kemendikbud.

Terkait pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi satuan pendidikan (MI/MTs/MA) di bawah Kementerian Agama, disampaikan beberapa hal-hal penting sebagai berikut :

1.   Data peserta didik yang belum memiliki NISN bagi satuan pendidikan (Mi/MTs/MA) di bawah Kementerian Agama akan diberikan Penomoran NISN oleh PDSP terkait program – program Pendidikan seperti Ujian Nasional (UN), Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

2.   Pengajuan NISN bagi satuan pendidikan (Mi/MTs/MA) di bawah Kementerian Agama untuk tingkat 6, 9, 12 dilakukan melalui pendataan Calon Peserta Ujian Nasional yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang berkoordinasi dengan Panitia Ujian Nasional tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota yang selama ini sudah berjalan.

3.   Pengajuan NISN bagi satuan pendidikan (Mi/MTs/MA) di bawah Kementerian Agama selain tingkat 6, E, 12 dilakukan melalui Mekanisme Pendataan Kementerian Agama.

4.   Pengajuan perubahan/edit nama dan tanggal lahir peserta didik yang telah memiliki NISN melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota, serta diverifikasi dan validasi oleh operator Kantor Wilayah Provinsi melalui mekanisme yang telah ditetapkan. (Operator harus terdaftar di Jaringan Pengelolaan Data Pendidikan dengan laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id/, dengan melampirkan Surat Tugas yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota).

5.   Untuk meningkatkan layanan Pengelolaan Data Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2014, Pusat Data dan Statistik Pendidikan menyediakan layanan informasi melalui laman http://un.data.kemdikbud.go.ld, dan helpdesk : Telp. 021-579 04 804, email: pdsp@kemdIkbud.go.id.

Untuk download surat edaran tersebut, silahkan unduh dari laman PDSP Kemdikbud pada links berikut…. Demikian share info pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara/Prosedur Pengajuan dan Edit NISN Peserta Didik Pada Satuan Pendidikan di Bawah Kementerian Agama (MI/MTs/MA) Tahun 2015"

Post a Comment