Cara Mengontrol / Mengendalikan Emosi Marah Yang Berlebih (Tinggi)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Pada suatu waktu, ada kalanya kita terkadang merasakan marah atau rasa emosional yang tinggi yang biasanya timbul karena hal-hal yang bersifat prinsipil ataupun sensitif. 

Dan potensi munculnya marah ini hampir dapat kita alami di setiap lingkungan, dipastikan akan ada saja permasalahan yang terjadi sehingga emosi pun terkadang memuncak. 

Yang paling sering terjadi tingkat emosi kemarahan tinggi ini biasanya di lingkungan keluarga dan di lingkungan kerja, karena di sanalah masalah privasi yang cenderung sensitif dan perbedaan pada hal-hal prinsip itu sering menjadi pemicu kemarahan ini.

Akan tetapi, secara umum, ketika emosi yang memuncak terjadi, berikut tips untuk meredam ataupun mengendalikannya kemarahan tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang pada akhirnya menimbulkan resiko penyesalan nantinya :

1.  Marah dengan siapapun, jangan libatkan benturan fisik, misalnya memukul, melempar dan tindakan fisik lainnya yang akan menimbulkan kekerasan fisik yang tidak perlu. Terlebih saat marah dengan keluarga terdekat, anak ataupun isteri misalnya (termasuk dalam KDRT)

2.  Tahan ucapan dengan tarik nafas dalam-dalam, lalu atur frekuensi nafas sesempurna mungkin, dan diam untuk sejenak, fokuskan pada pemikiran dan tindakan untuk bersabar “Ini kesempatan saya untuk menguji kesabaran”.

3.   Jika emosi meninggi pada sebuah tempat tertentu karena ada suatu konflik tak terhindarkan dengan orang lain, silahkan pergi dulu dari tempat tersebut, lalu lihatlah ke luar ruangan, di sana Anda bisa melihat langit yang maha luas, dan segarkan pikiran dan emosi Anda secara alami.

4.  Tetap kendalikan emosi dengan menunda menyelesaikan masalah tersebut di lain waktu yang lebih tepat dan efektif.

Demikian tips bagaimana cara mengendalikan ataupun meredam emosi yang memuncak, semoga bermanfaat bagi kita semua… Aamiin… Terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Mengontrol / Mengendalikan Emosi Marah Yang Berlebih (Tinggi)"

Post a Comment