Cara Cek Validasi Data Hasil Sinkronisasi Dapodikdas V.3.0.2 Tahun 2015

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Seperti informasi yang telah dishare sebelumnya yakni adanya penambahan fitur baru untuk melihat hasil validasi data hasil pengiriman via aplikasi Dapodikdas v.3.0.2 yang digunakan untuk dasar berbagai kebijakan yaitu sebagai dasar penerimaan dana BOS triwulan 2 dan juga untuk dasar penerbitan SKTP maupun SK Aneka Tunjangan bagi guru PNS maupun Non-PNS ini. 

Oleh karena sangat pentingnya kualitas data aplikasi Dapodikdas mulai pada tahun 2015, berikut saya share cara cek hasil validasi data untuk melihat apakah sudah sip atau belum, sudah valid dan sesuai ataukah perlu segera diperbaiki.

Beberapa jenis validasi data yang bisa dilihat hasil validasinya antara lain : Status Honor Mengisi Pangkat Golongan, PNS Pangkat Golongannya Kosong, Usia PTK Tidak Wajar, Kepsek Ganda, Nama Sekolah Sama di Satu Kecamatan, Kepala Lab Kelebihan, Kepala Perpus Kelebihan, Rombel Ganda, Wakasek Kelebihan, Bentuk Pendidikan Salah, PNS NIP Kosong, Karakter Nama Sekolah, Tingkat Rombel Salah, SLB Tidak Melayani Keb Khusus, NPSN Ganda, Belum Sinkron, Belum Sinkron 2014/2015 semester 2, Kepsek Belum Dipilih, dan juga cek validasi data Status Sekolah Salah.

Salah satu cara cek validasi data misalnya untuk cek validasi data “Kepsek Belum Dipilih”, maka kita cukup pilih pada salah satu menu dropdown yang ada pada links validasi Dapodik Ditjen Dikdas, karena yang dicari adalah hasil validasi data "Kepsek Belum Dipilih", maka kita pilih dulu Kepsek Belum Dipilih, kemudian klik "Tampilkan" ==> Propinsi ==> Kabupaten/Kota ==> Kecamatan. Maka di sana akan ada daftar sekolah yang belum berhasil melakukan sinkronisasi aplikasi Dapodikdas ke server Dapodik Ditjen Dikdas, atau sudah berhasil sinkron akan tetapi memang Kepala Sekolah belum dipilih pada aplikasi. Untuk melihat info lebih detail dapat dilihat dengan memasukkan kode registrasi pada halaman terakhir validasi ini.

Sehingga operator sekolah perlu memperbaiki dari aplikasi Dapodidkas v.3.0.2 yakni pada tabel PTK dan Tugas Tambahan pada PTK yang mendapatkan tugas tambahan sebagai kepala sekolah, kemudian sinkronisasi data kembali. Demikian share info mengenai Cara Cek Validasi Data Hasil Sinkronisasi Dapodikdas V.3.0.2 Semester 2 (Genap) TP. 2014/2015. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data Berkualitas…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Cek Validasi Data Hasil Sinkronisasi Dapodikdas V.3.0.2 Tahun 2015"

Post a Comment