Ujian Praktek Memasak di SMPN Satu Atap Sungai Karang & SMK S Cendekia Sungai Karang Berjalan Lancar

Pada akhir ujian semester I SMPN Satu Atap Sungai Karang yang diikuti oleh 118 siswa sejak Senin, 8 Desember 2014 diselenggarakan praktek “Tata Boga” dalam rangkaian proses penilaian pada akhir semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 ini. 

Selain bagi siswa-siswi SMPN Satu Atap Sungai Karang, siswa-siswi SMKS Cendekia yang notabene masih meminjam gedung SMPN Satu Atap Sungai Karang juga diselenggarakan hal serupa sebagai implementasi Kurikulum 2013 yang pada semester genap nanti akan kembali menggunakan KTSP 2006 berdasarkan surat edaran kepada kepala sekolah dari menteri pendidikan dan kebudayaan pada tanggal 5 Desember 2014 yang lalu.


Pembuatan kue dilakukan langsung oleh peserta didik, baik SMP maupun SMK di rumah masing-masing dengan dibagi dalam beberapa kelompok dengan jumlah perkelompok 7 s.d 9 anak. Proses masak dilakukan pada malam harinya karena keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah ini serta dibimbing oleh Bpk. Suanto Ramadhan sebagai guru bidang studi Mulok dan Prakarya.


Bermacam variasi bentuk, warna, serta rasa sebagai produk nyata karya anak-anak didik ini sangat menyentuh hati. Beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari praktek “Tata Boga” ini selain daripada peningkatan kompetensi keterampilan bagi setiap anak juga memiliki dampak-dampak positif yakni mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan intensitas interaksi aktif antara peserta didik, dengan adanya proses kerjasama baik dari proses pembuatan makanan (kue), penyajian, hingga “nyicip bersama” yang dilakukan pada masing-masing kelompok.


Pada akhir kegiatan disampaikan pesan-pesan dari guru pembimbing serta dari bapak/ibu guru lain yang intinya adalah kesadaran diri akan adanya peningkatan kompetensi dalam memacu siswa untuk “berani” tampil percaya diri (presentasi karya) serta kreativitas seluruh peserta didik untuk senantiasa mengembangkan bakat dan minat mereka untuk menyongsong masa depan yang gemilang… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Ujian Praktek Memasak di SMPN Satu Atap Sungai Karang & SMK S Cendekia Sungai Karang Berjalan Lancar"

Post a Comment