Pedoman Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014, Tema “Pahlawanku Idolaku”

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Peringatan Hari Pahlawan (10 November) merupakan agenda nasional yang diperingati setiap tahun, baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

Esensi dari Peringatan Hari Pahlawan adalah mengenang dan memperingati. Yang dimaksud dengan mengenang adalah membangun ingatan terhadap suatu peristiwa luar biasa tentang perjuangan, dan yang dimaksud dengan memperingati adalah suatu cara untuk memberikan penghormatan atas cipta, rasa dan karsa para pejuang untuk kelangsungan bangsa dan negara.

Hakikat dari penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan juga untuk memberikan pengakuan, penghormatan dan penghargaan kepada para pelaku perjuangan agar mendapatkan perlakuan sebagaimana mestinya. Untuk itu, pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pada waktu kini dan mendatang.

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 bertema : "Pahlawanku Idolaku". Maksud ditetapkannya tema tersebut adalah untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai baik “panutan” atau figur teladan pencarian jati diri dalam berbangsa dan bernegara untuk membangun NKRI pada masa kini dan mendatang.

Tema Pahlawanku Idolaku diharapkan pula dapat memberikan inspirasi kepada para generasi penerus bahwa semangat juang para pendahulu dan pendiri bangsa ini dapat diteladani sebagai kebanggaan atau idola yang dapat diwujudkan pada masa kini dalam bentuk perjuangan yang lain.

Hening Cipta selama 60 detik secara serentak dilaksanakan pada hari Senin tanggal 10 November 2014 pada pukul : 08.15 waktu setempat, bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan.

Download selengkapnya file terkait Peringatan Hari Pahlawan (10 November 2014) pada links berikut :

Demikian share info mengenai Pedoman serta Tema Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2014 yang akan kita peringati bersama pada hari Senin, tanggal 10 November 2014. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

Sumber referensi : http://www.setneg.go.id

0 Response to "Pedoman Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014, Tema “Pahlawanku Idolaku”"

Post a Comment