Download Pedoman Pelaksanaan Peringatan HUT PGRI Ke-69 Tahun 2014 dan Hari Guru Nasional / HGN 2014

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Sejak tahun 1994 setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan Hari Ulang tahun PGRI secara bersama-sama. Pada 25 November 2014 ini PGRI genap berusia 69 tahun. Usia yang cukup matang dan dewasa bagi sebuah organisasi. 

Selama kurun waktu tersebut, banyak pengabdian yang telah disumbangkan, banyak aktivitas yang telah dilaksanakan, banyak perjuangan yang telah dikerjakan, banyak kegiatan perlindungan terhadap anggota yang telah diberikan.

Di samping itu, telah juga banyak peristiwa, persoalan, tantangan, dan kendala yang telah dihadapinya. Pada tahun ini akan dilaksanakan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-69 PGRI. Ada sejumlah kegiatan yang direncanakan akan berlangsung mulai sebelum bulan November 2014.

Melalui kegiatan dalam ulang tahun di berbagai tingkat dan jenjang, ini diharapkan mampu meningkatkan eksistensi PGRI, menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi yang lebih kuat dan bermartabat, membangun solidaritas dan kesetiakawanan anggota, mampu meningkatkan semangat anggota dan mengugah pihak lain untuk berperan maksimal dalam memuliakan guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, termasuk menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi guru yang kuat dan bermartabat.

Tema dari Peringatan HGN (Hari Guru Nasional) tahun 2014 dan HUT PGRI ke-69 adalah “Penguatan Implementasi Kurikulum 2013 melalui Penegakan Kode Etik Guru untuk Mendukung Revolusi Mental Bangsa.

Upacara Hari Guru Nasional tahun 2014 dan HUT ke-69 PGRI dilaksanakan serentak tanggal 25 November 2014 atau disesuaikan dengan kondisi daerah setempat. Upacara di daerah diselenggarakan oleh panitia provinsi, kabupaten, kota, cabang, unit kerja pendidikan, dan sekolah-sekolah.

Dalam semua upacara peringatan HGN/HUT PGRI dibacakan ’Sejarah Singkat PGRI’, dan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI oleh pembina upacara dan dinyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan lagu Hymne Guru, Terima Kasih Guruku, dan Syukur.

Pokok-pokok susunan acara upacara bendera sama dengan susunan upacara peringatan hari besar dengan penyesuaian pada nyanyian lagu-lagu penghargaan terhadap guru.

Acara puncak peringatan HGN tahun 2014 dan HUT ke-69 PGRI Tingkat Nasional yang akan dihadiri oleh Bapak Presiden RI direncanakan akan diselenggarakan pada 27 November 2014 di Gedung Istora Gelora Bung Karno, Senayan. Acara puncak/resepsi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dibacakan sambutan ketua Umum PB PGRI, pelaksanaannya menyesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Pada saat upacara HGN tahun 2014 dan HUT ke-69 PGRI seluruh guru (anggota) harus menggunakan baju seragam PGRI, batik hitam putih motif Kusuma Bangsa dan celana atau rok hitam.

Untuk memeriahkan peringatan HGN tahun 2014 dan HUT ke-69 PGRI, diharapkan di kantor-kantor PGRI di semua jenjang kepengurusan, kampus, dan di sekolah dikibarkan bendera PGRI, dipasang spanduk, umbul-umbul, dan baliho.

Semua Pengurus PGRI di setiap jenjang agar melakukan kordinasi dengan pejabat terkait dan mitra kerja, serta menyesuaikan pedoman ini dengan pedoman yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditandatangani bersama oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, dan Ketua Umum PB PGRI. Demikian Pedoman Pelaksanaan Peringatan HGN Tahun 2014 dan HUT ke-69 PGRI untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan dan kondisi organisasi di tingkatan masing-masing.

Download Pedoman Pelaksanaan Peringatan HUT PGRI ke-69 Tahun 2014 dan Hari Guru Nasional 2014 langsung dari links berikut.

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Download Pedoman Pelaksanaan Peringatan HUT PGRI Ke-69 Tahun 2014 dan Hari Guru Nasional / HGN 2014"

Post a Comment