Tips Aman / Persiapan Sebelum Install Patch V.3.0.1 Aplikasi Dapodikdas 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Seperti pada versi-versi aplikasi Dapodikdas 2014 akan dilakukan update versi untuk peningkatan kualitas data serta performa aplikasi Dapodikdas itu sendiri. 

Sebelum v.3.0.1 aplikasi Dapodikdas 2014 dirilis pada pada hari Rabu (29 Oktober 2014) sebagai upaya preventif, yakni untuk menjaga apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan setelah patch dilakukan, berikut tips / langkah-langkah aman sebelum install aplikasi Dapodikdas 2014 dari versi 3.0.0 ke versi 3.0.1.

Pertama, sebelum proses update versi ke 3.0.1, silahkan generate sekaligus unduh terlebih dahulu prefill terbaru data hasil sinkronisasi terakhir Anda dengan memasukkan kode registrasi ataupun NPSN di laman generate prefill dan unduh prefill Dapodikdas 2014.

Hal ini diperlukan sebagai upaya antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses instalasi update v.3.0.1. Sehingga kita bisa kembalikan data dengan reinstall aplikasi dan registrasi ulang di aplikasi Dapodikdas 2014.

Kedua, selain itu ada juga persiapan yang tidak boleh kita sia-siakan yakni adanya kesempatan untuk memperbaiki / edit data nama dan tanggal lahir Peserta Didik maupun PTK yang sebelumnya terkunci di v.3.0.0 aplikasi Dapodikdas 2014.

Maka, silahkan persiapkan dokumen-dokumen pendukung kevalidan data PD tingkat SD dengan menggunakan acuan data nama lengkap, nama ibu kandung menggunakan akta / surat keterangan lahir dari siswa bersangkutan. Sedangkan untuk siswa SMP menggunakan acuan ijazah / SKHU, serta pastikan cek terlebih dahulu NISN yang ada pada siswa tersebut di database PDSP, hal ini untuk menentukan langkah-langkah tepat pada VerVal PD selanjutnya.

Semoga saja rilis versi 3.0.1 pasca tahap testing v.3.0.1 aplikasi Dapodikas 2014 sebelumnya, di mana ditemukan masih adanya bug / kesalahan yakni pada 3 digit NIP terakhir PTK yang berstatus PNS menjadi 000 akan kembali sempurna seperti yang kita harapkan… Amiin…

Download langsung file installer maupun patch v.3.01 pada links resmi Dapodik Ditjen Dikdas. Demikian tips aman sebelum patch v.3.0.1 aplikasi Dapodikdas 2014 dilakukan. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Sumpah Pemuda…!

0 Response to "Tips Aman / Persiapan Sebelum Install Patch V.3.0.1 Aplikasi Dapodikdas 2014"

Post a Comment