Tips Agar Siswa Dapat Lebih Disenangi Oleh Guru

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Siswa / murid adalah bagian utama dari sekolah, tak lengkap guru tanpa ada siswa, tak lengkap pendidik tanpa adanya peserta yang dididik. 

Namun untuk mendapatkan hasil belajar yang terbaik, tentu kalian harus disenangi guru, disayang guru, dan diperhatikan guru (hanya dalam segi positif / baik).

Oleh karena itu, berikut ada tips untuk kalian yang sedang menempuh belajar di sekolah. Ada berbagai kriteria siswa / peserta didik yang disenangi oleh bapak maupun ibu guru di sekolah kalian, yaitu :

1.   Kritis pada guru tapi santun.

Kalian boleh-boleh saya mengkritik guru, tapi ingat, sampaikan dengan bahasa yang sopan, sikap yang santun, serta dengan tutur kata yang lembut.

2.   Ringan tangan ketika di suruh / dimintai tolong guru.

Jangan pernah membantah apalagi tidak mau disuruh guru kamu, asal itu baik lakukan dengan tuntas tugas yang diamanahkan oleh bapak/ibu guru.

3.   Selalu menegur / menyapa guru setiap kali berjumpa.

Setiap kali berjumpa, baik di lingkungan sekolah juga di luar sekolah, sapa bapak/ibu gurumu, minimal ucapkan apa kabar Pak/Bu, selamat sore, selamat malam, dan ucapan sapaan yang mencerminkan bahwa kamu memiliki karakter yang ramah dan tidak sombong.

4.   Tahu nama lengkap guru, jabatan, hingga latar belakang keluarganya.

Kenali nama lengkap dari bapak/ibu guru kamu dan latar belakang pendidikannya, lalu tanyakan jika ada yang belum kamu pahami dengan sopan, ini akan membuat gurumu senang karena kamu telah memperhatikan gurumu dalam sisi positifnya.

5.   Terbuka dan jujur ketika menjawab soal-soal ujian dan uji kompetensi lainnya yang diberikan oleh guru.

Jangan sekali-kali mencontek ketika ujian, baik dari lembar jawaban teman lain, ataupun dari buku catatan, jiplakan, dan sejenisnya, karena gurumu paham kok sampai di mana pemahaman masing-masing siswanya, oleh karena itu kejujuran merupakan nilai tinggi juga bagi kalian.

Dan akhirnya, jadilah siswa-siswa yang baik, seperti halnya ada kalimat bijak mengatakan “pemimpin yang baik adalah orang yang sebelum jadi pemimpin dapat dipimpin dengan baik oleh orang lainnya”. Semoga sukses masa belajarnya dan tercapai cita-citamu kelak… Amiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips Agar Siswa Dapat Lebih Disenangi Oleh Guru"

Post a Comment