SDM Berbasis Kompetensi dan Implementasi Diperlukan di Era Kemajuan Teknologi dan Informasi Global

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Berbicara mengenai sumber daya manusia di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti saat ini tentu diperlukan berbagai bidang keahlian yang kompleks dalam berbagai halnya, dan ada beberapa faktor yang menjadikan seseorang memiliki sumber daya manusia yang handal dan layak dipercaya, secara umum sebagai pelengkap dengan telah adanya karakter / kepribadian yang baik; jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan sebagainya.

Akan tetapi di sini, saya akan melihat dari sudut pandang yang lebih spesifik dan lebih realistis yakni sedikitnya ada 2 hal terkait SDM paling utama yang harus ada dalam diri seseorang yang ingin mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak, khususnya kepercayaan dari atasan. 2 hal tersebut adalah :

1.   Kompetensi.

Kompetensi adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan metode yang paling efisien dan efektif. Kompetensi seseorang bisa diasah berdasarkan intensitas belajarnya sepanjang waktu.

2.   Implementasi.

Implementasi adalah bukan hanya merupakan tindakan nyata, namun lebih daripada itu, yakni adanya bukti nyata, karya, hasil kinerja yang optimal sebagai hasil dari dan atau perwujudan dari adanya kompetensi / kemampuan seseorang dalam suatu bidang pekerjaan / tugas.

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh seseorang yang memiliki sikap mental kompetensi sekaligus diikuti dengan implementasi salah satunya, apabila seseorang yang mempunyai karakter ini, maka bekerja dimanapun ia, maka kepercayaan akan didapatkan dan tentu saya peningkatan ataupun penyesuaian pada hasil pendapatan finansial yang akan mengikutinya pula. Selamat bertindak Sahabat…! Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "SDM Berbasis Kompetensi dan Implementasi Diperlukan di Era Kemajuan Teknologi dan Informasi Global"

Post a Comment