Publikasi Karya Tulis Online "Surat Kecil Dari Anak Rantau Untuk Ayah di Kampung"

SURAT KECIL DARI RANTAU UNTUK AYAH DI KAMPUNG

Pekanbaru, 27 Pebruari 2014
Kepada yang luar biasa,
Ayah di kampung.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.....

Assalaamu ‘Alaikum Wr. Wb.....

Sebelumnya ananda mendoakan semoga ayah di kampung senantiasa diberi Allah kesehatan dan umur panjang, agar suatu saat nanti kita bisa merasakan kebahagiaan hidup yang sesungguhnya. Di sudut malam ini, ku goreskan pena di lembaran putih dengan perasaan tidak menentu, ada perasaan bahagia karena aku bisa mencurahkan isi hati melalui surat kecil ini, ada juga perasaan terharu karena mengingat pengorbanan dan perjuangan ayah selama ini untukku.

Ayahku tercinta

Tahukah engkau, ini adalah surat cinta pertamaku, yang khusus aku persembahkan sebagai tanda cinta dan sayangku untukmu. Apakah ayah tahu juga, ketika menulis surat ini aku berusaha menahan linangan air mata, paling tidak sampai ku selesaikan tulisan ini. Tapi mata ini berontak, akhirnya air mata ku biarkan mengalir menganak sungai meluap melewati sudut mata.

Ayahku sayang

Engkaulah satu-satunya lelaki yang mencintaiku tanpa syarat, yang setia menjaga dan menuntunku tanpa mengenal kata lelah. Engkau yang mengingatkan ketika aku terlupa, engkau yang yang mensehati ketika aku tersalah dan engkaulah yang menghiburku diwaktu sedih.

Masih teringat jelas dalam rekaman ingatanku saat-saat indah dulu, saat adzan shubuh berkumandang, engkau selalu menuntunku tuk tunaikan kewajiban kepada tuhan, saat senja menyapa alam aku selalu duduk di pangkuanmu sembari mendengar lantunan ayat-ayat suci dari bibirmu, saat malam menjelang engkau selalu menemaniku dan menceritakan dongeng sampai aku terlelap lugu. Ayah, semua kenangan indah itu terasa baru saja berlalu dan masih tampak nyata dalam bingkai rinduku. aku yakin ayah juga masih mengingat hari-hari indah yang tak terlupakan itu.

Ayahku tercinta

Maafkan kenakalanku yang dulu, yang terlalu egois dan bertindak sesuka hati karena keinginanku yang tidak bisa ayah turuti. Di saat itu aku iri kepada teman-teman yang lain, ketika melihat mereka dibelikan mainan oleh ayahnya, di saat melihat mereka dimanjakan oleh kedua orangtuanya dan selalu menuruti apa yang mereka minta. Tapi sekarang telah aku sadari ayah, bahwa kehidupan kita tidak sama dengan mereka, yang orangtuanya adalah orang berdasi, sedangkan kita hanyalah gembel kehidupan yang selalu merajut asa tuk masa depan yang cerah.

Mungkin itulah sebabnya, ayah tidak bisa menuruti semua keinginanku yang berlebihan disaat itu. Sekali lagi maafkan anakmu yang nakal ini ayah, karena pada masa itu aku belum mengerti tentang arti sebuah kehidupan.

Ayahku sayang

Aku sangat mengagumi pengorbanan dan perjuanganmu yang dulu, setiap hari banting tulang di ladang harapan. Di pagi buta, ketika semua orang masih terlelap dalam buaian tidur, engkau sudah bersiap-siap menuju ladang harapan, dengan penuh asa engkau hentakkan kaki meninggalkan rumah, demi mencari sesuap nasi tuk penyambung nyawa di dalam kehidupan ini.

Ayahku tercinta...

Kini aku telah dewasa, sedang berusaha mengejar dan meraih cita-cita di rantau orang. ananda akan selalu bersungguh-sungguh dalam mengarungi lautan ilmu di sudut kota bertuah ini. Yah, tidak jarang pula badan ini bermandikan keringat untuk mencari uang sekolah ketika hari libur, karena ananda tidak mau menyusahkan ayah.Aku tidak mau menambah beban derita yang ada di pundak ayah. Yah, Aku ingin suatu saat nanti melihatmu tersenyum bahagia ketika melihat anaknya memakai toga diwaktu wisuda.

Hari ini telah aku buktikan yah, bahwa anak seorang buruh keidupan juga bisa merasakan bangku perkuliahan. Walaupun dulu semua orang kampung berkata kepadaku mustahil bisa sekolah tinggi, berkat motivasi dari ayah aku bisa menjadi manusia yang tegar dalam melewati semak belukar kehidupan.

Ayah, engkaulah idola di dalam hidupku, yang selalu memberi kekuatan di setiap waktu. Walaupun semua orang sedang mengidolakan Justin Bieber, akan tetapi tidak bagiku karena idolaku hanyalah ayah seorang, lelaki nomor satu dalam hidupku yang telah membuat aku menjadi manusia sesungguhnya. Aku bangga punya ayah yang sangat luar biasa.

Ayahku sayang

Ananda tahu, wajah ayah yang dulu kencang kini telah mulai mengeriput, rambut ayah yang dulu hitam kini telah menguban, disebabkan pergeseran masa dan perputaran waktu. Yah, aku tahu keringat ayah di kampung sedang menantikan keberhasilan anaknya. Terimakasih yah, atas semua perjuangan dan pengorbanan yang telah ayah persembahkan bagiku. Terakhir terucap salam cinta dan doa dari ananda yang sedang melayari samudera ilmu di rantau. Semoga ayah selalu dalam lindungan Allah dan diberikan kekuatan olehNya, agar suatu saat nanti kita bisa bertemu dan bisa merasakan kebahagiaan hidup bersama-sama.

Mustopa Kamal Btr

Anakmu tercinta.

BIODATA PENULIS
  
Nama    : Mustopa Kamal Btr
TTL       : Bange, 28 Oktober 1992

Pendidikan :
  • SD Negeri 147545 Bange.
  • MTs Negeri Siabu.
  • Pesantren Musthafawiyah Purbabaru, Kab. Madina-Sumut.
  • UIN Suska Riau (sedang belajar)

Motto Hidup: "Long life Education"

Fb: Mustopa Kamal Btr, Hp: 0877 6751 7060

Prestasi:

  • Juara 1 Cerdas Cermat Bhs. Indonesia (2005).
  • Juara 3 Siswa Berprestasi (2004).
  • Juara 3 Kesenian  Tor-tor Mandailing [grup] SD (2005) se-Kec. Bukit Malintang.
  • Juara 1 Cipta Puisi (2012).
  • Juara 3 Baca Puisi Se-Pesantren (2011).
  • Juara 3 Syarhil Qur’an MTQ se-Kab. Madina-Sumut (2012).
  • Harapan 2 Syarhil Qur’an Menyambut Tahun Baru Islam se-Kab. Madina (2012).
  • Juara 1 Syarhil Qur’an MTQ Pesantren (2013).
  • Juara 2 Pidato Bahasa Indonesia Pekan Olahraga dan Seni se-kab. Madina (2012).
  • Juara 3 Pidato Bahasa  Indonesia Ulang Tahun 1 Abad Pesantren Musthafawiyah se-Kab. Madina (2012).
  • Harapan 2 Pidato Bahasa Arab Ulang Tahun NU se-Kab. Madina (2012).
  • Harapan 2 Pidato Bahasa Arab MTQ Pesantren Musthafawiyah (2013).
  • Peserta Festival Nasyid se-Kab.Madina (2013).
  • Pemenang Lomba Surat untuk Rektor semarak ulang tahun ke-20 LPM Gagasan UIN Sultan Syarif Kasim Riau (Januari 2014).

0 Response to "Publikasi Karya Tulis Online "Surat Kecil Dari Anak Rantau Untuk Ayah di Kampung""

Post a Comment