Materi Pelajaran Prakarya SMP / MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Lengkap

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia... Mata pelajaran prakarya terdiri dari aspek Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. 

Dasar pembelajaran prakarya yang berbasis budaya ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai kearifan lokal dan nilai “jati diri” sehingga tumbuh semangat kemandirian kewirausahaan dan sekaligus kesediaan melestarikan potensi dan nilai-nilai kearifan lokal.

Pokok bahasan dalam buku kelas VII SMP /MTs ini meliputi: Kerajinan dari bahan alami dan buatan, rekayasa alat penjernih air dan produk sederhana dengan teknologi mekanik, budidaya tanaman sayuran dan tanaman obat, pengolahan pangan minuman segar, minuman kesehatan, dan makanan cepat saji dari buah dan sayuran, serta pengolahan non pangan dari hasil samping bahan pangan nabati menjadi bahan dasar kerajinan.

Pembelajaran prakarya dikembangkan bedasarkan kekhasan daerah setempat disertai pemahaman terhadap latar belakang penciptaan budaya dan teknologi tepat guna. 

Melalui pembelajaran Prakarya akan memberi apresiasi kepada peserta didik tentang makna multi kultural. 

Oleh karenanya, mata pelajaran Prakarya masuk dalam konstelasi Kurikulum Pendidikan Indonesia sebagai mata pelajaran wajib yang secara umum diharapkan memberi sumbangan dalam mengembangkan kreativitas sumber daya manusia pada “industri ekonomi kreatif ” yang sedang diangkat dalam wacana pendidikan “karakter bangsa”.

Materi Pembelajaran Kurikulum 2013 Bidang Studi Prakarya SMP / MTs Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2:

3.   Bab III. Alat Penjernih Air
5.   Bab V. Budidaya Tanaman Sayuran
6.   Bab VI. Budidaya Tanaman Obat

Untuk download selengkapnya buku materi pelajaran kurikulum 2013 untuk jenjang SMP / MTs kelas VII (tujuh) edisi revisi terbaru tahun 2014, silahkan klik di sini… Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

2 Responses to "Materi Pelajaran Prakarya SMP / MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Lengkap"