Cara Generate Prefill Dapodikdas 2014 - 2015 Secara Mandiri Oleh Operator Sekolah

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Generate prefill aplikasi Dapodikdas 2014 adalah sebuah proses yang berguna sebagai back up database Dapodikdas yang diambil dari server Dapodikdas. 

Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf).

Proses generate prefill bisa dilakukan oleh masing-masing sekolah, namun untuk mendownload prefill hasil dari generate tentu saja hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mengetahui kode registrasi sekolah dalam Dapodikdas.

Alur generate prefill ; Pengisian Data – Sinkronisasi - Generate Prefill - Unduh Prefill - Registrasi

Untuk melakukan generate prefill, kunjungi laman generate prefill di URL berikut ini. Kemudian pilih data mana yang akan dijadikan “kata kunci”, apakah NPSN atau kode registrasi sekolah. Jika sudah diinputkan, kemudian klik [Generate], dan tunggu sampai proses generate prefill selesai.

Proses generate prefill

Jika proses generate prefill sudah selesai, maka akan muncul tampilan generate prefill berhasil seperti pada tampilan berikut:

Pembuatan prefill berhasil dilakukan

Dengan demikian pengguna sudah dapat mengambil file prefill terbaru (hasil generate) pada laman berikut. Kemudian masukkan kode registrasi sekolah tersebut, kemudian klik “Download”. Jika kode registrasi yang dimasukkan benar, maka akan muncul data prefill yang bisa diunduh dengan menekan tulisan “di sini” seperti pada gambar di bawah:

Pengunduhan file prefill

Unduh file prefill tersebut (berekstensi *.prf), buat folder bernama “prefill_dapodik” di system C:/, lalu copy file prefill yang sudah diunduh tadi ke dalam folder tersebut.

Pengunduhan file prefill 2

Hasil unduhan berupa prefill data sekolah berekstensi *.prf

Selanjutnya, tempatkan file prefill yang sudah diunduh di folder “prefill_dapodik”. Setelah itu, buka aplikasi dapodikdas v.3.0.0 dan lakukan registrasi kembali. 


Demikian cara generate prefill aplikasi Dapodikdas 2014 yang dapat dipelajari dari Manual Aplikasi Dapodikdas 2014 v.3.0.0. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Cara Generate Prefill Dapodikdas 2014 - 2015 Secara Mandiri Oleh Operator Sekolah"

  1. Makasih Pak atas segala impormasinya,,saya sering bget buka blognya bpak,,,apalagi mengenai tentang aplikasi Dopodikdas

    ReplyDelete