IBO (International Biology Olympiad) Ke-25 Diadakan di Bali - Jalak Bali Menjadi Logo Resmi IBO 2014

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

International Biology Olympiad (IBO) adalah sebuah kompetisi untuk siswa sekolah menengah, yang merupakan pemenang Olimpiade Biologi Nasional dari negara masing-masing, lebih dari 63 negara telah mendaftar menjadi peserta olimpiade biologi dunia atau International Biology Olympiad (IBO) yang akan diselenggarakan pada bulan Juli tahun 2014 ini.

Keterampilan mereka dalam bidang biologi, dan berurusan dengan eksperimen biologi diuji untuk mempertajam bakat mereka dan untuk mempromosikan karir mereka sebagai ilmuwan.

Setiap negara peserta mengirimkan empat peserta, yang merupakan pemenang dari kompetisi nasional masing-masing. Mereka didampingi oleh dua pemimpin tim yang mewakili negara.

IBO 2014  akan diadakan mulai dari tanggal 05 s.d 13 Juli 2014 yang didukung oleh para dosen ahli beserta staf ahli dari Institut Teknologi Bandung, dan akademisi lainn dari universitas lain di Indonesia. Acara ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam hal administrasi maupun pembiayaan.

Bali adalah salah satu tujuan paling eksotis di dunia. Indah Bali tidak pernah mengecewakan hati pada pengunjungnya, dari pemandangan pulau indahnya, bau aromatiknya, pernak-perniknya yang luar biasa, orang yang menarik dan budaya khas Bali langsung menyambut para pengunjung. Ini tentunya, membuat Bali tempat yang ideal sebagai tuan rumah 25th IBO.

Selama penyelenggaraan IBO 2014 , peserta akan tinggal di Aston Denpasar Hotel, sementara anggota juri akan tinggal di Ayodya Resort di Nusa Dua Bali.

Indonesia patut berbangga. Selain dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Biology Olympiad (IBO), fauna khas Bali pun dipilih sebagai logo dalam kompetisi para peneliti muda tingkat dunia ini.

Adalah Jalak Bali, jenis burung endemik khas Indonesia yang habitatnya hanya ditemukan di Bali terpilih menjadi logo IBO 2014. Jalak Bali terpilih sebagai logo karena rupanya yang mencerminkan keindahan Bali dan Indonesia. Burung ini juga dikenal berani, andal dan cerdas, karakteristik penting bagi para ilmuwan muda.

Warna biru di logo ini mewakili baik langit dan laut yang biasanya berhubungan dengan ruang terbuka, kebebasan, dan ekspansif. Merah dan putih yang dibawa oleh huruf O mewakili bendera Indonesia sebagai negara tuan rumah.

Burung terbang menunjukkan kesadaran dan daya saing. Diyakini, IBO 2014 di Indonesia akan menerbangkan ilmuwan muda untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi dan menumbuhkan semangat persahabatan.

Sejak tahun 1991, Jalak Bali secara resmi ditunjuk sebagai simbol fauna Bali. Burung yang dalam bahasa latinnya dikenal sebagai Leucopsar rothschildi ini, merupakan salah satu fauna yang terancam punah. Akibat perburuan liar, habitat burung ini nyaris hilang. Dengan dijadikannya Jalak Bali sebagai logo IBO 2014, diharapkan burung ini semakin dikenal dan semakin dilindungi.

Artikel Terkait:

0 Komentar di "IBO (International Biology Olympiad) Ke-25 Diadakan di Bali - Jalak Bali Menjadi Logo Resmi IBO 2014"

Post a Comment