Download Buku / Modul Pendidikan Anti Korupsi Dari KPK Untuk Siswa SD, SMP, SMA (Sederajat) Serta Panduan Bagi Guru / Pengajar

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Pendidikan diyakini merupakan kunci masa depan bangsa dan pendidikan anti korupsi merupakan pendidikan seumur hidup yang harus ditanamkan sejak dini. 

Kualitas sumber daya manusia yang tinggi merupakan modal utama pembangunan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Peningkatan intelektualitas, kecerdasan emosi, dan penanaman karakter menjadi salah satu prasyarat keberhasilan pengembangan sumber daya manusia Indonesia.

Di tengah beratnya beban pelajaran. pendidik dituntut lebih kreatif dalam menyampaikan materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Berangkat dan optimisme bahwa penanaman nilai-nilai luhur dapat diperkenalkan sejak dini melalui penyisipan beberapa mata pelajaran tanpa membuat mata pelajaran khusus anti korupsi. 

KPK bersama-sama dengan kalangan pendidik dari berbagai sekolah di Jabodetabek dan Jawa Barat merumuskan suatu bentuk penyisipan 9 (sembilan) nilai-nilai luhur yang membentuk karakter anti korupsi ke dalam beberapa mata pelajaran yang sudah ada, yaitu:

1.   jujur,
2.   disiplin,
3.   tanggung jawab.
4.   kerja keras,
5.   berani,
6.   mandiri,
7.   sederhana,
8.   adil dan
9.   peduli.

Pada seri pendidikan anti korupsi untuk jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) ini, selain penanaman karakter, bobot muatan juga diarahkan pada aspek aplikasi dan pola pembiasaan perilaku. Para pendidik, orang tua atau siapapun yang berminat menanamkan nilai-nilai luhur sejak dini (SD) dapat menggunakan seri Pendidikan Anti Korupsi ini sebagai salah satu acuan dalam pendidikan dasar dan menengah.

Sedangkan seri pendidikan anti korupsi untuk jenjang pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA/MA) ini selain penanaman karakter dan bobot muatan yang diarahkan pada aspek aplikasi dan pola pembiasaan perilaku juga mulai dimunculkan tumbuhnya perilaku perlawanan terhadap korupsi yang mendorong siswa untuk menjadi penggerak dan pelopor anti korupsi di lingkungannya.

Seri Pendidikan Anti Korupsi ini juga dilengkapi dengan Panduan Guru untuk memberikan ruang bagi guru dalam pengayaan materi sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

Diharapkan melalui penanaman karakter anti korupsi dalam di setiap anak bangsa dapat tercipta generasi-generasi baru yang jauh lebih baik.  Bangkitlah Generasi Baru Indonesia !

Berikut links download Buku Pendidikan Anti Korupsi bagi peserta didik SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA (sederajat) sekaligus buku / modul panduan bagi Guru Pendidikan Dasar dan Menengah :

LINKS DOWNLOAD BUKU PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DARI KPK (KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI) BAGI SISWA JENJANG SD/MI, SMP/MTs, DAN SMA/MA :


LINKS DOWNLOAD BUKU PANDUAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DARI KPK (KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI) BAGI GURU / PENGAJAR JENJANG SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA :

1. Download Buku Panduan Guru Modul Pendidikan Anti Korupsi SD (sederajat)
2. Download Buku Panduan Guru Modul Pendidikan Anti Korupsi SMP (sederajat)
3. Download Buku Panduan Guru Modul Pendidikan Anti Korupsi SMA (sederajat)

Penjelasan mengenai landasan hukum serta penjelasan Pendidikan Anti Korupsi dapat dilihat juga pada laman http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/pendahuluan/landasan-hukum. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...! Sumber file : www.bse.mahoni.com

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Download Buku / Modul Pendidikan Anti Korupsi Dari KPK Untuk Siswa SD, SMP, SMA (Sederajat) Serta Panduan Bagi Guru / Pengajar"

Post a Comment