Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodikdas Sendiri (Generate Prefill Terbaru Oleh Operator Sekolah)

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Generate prefill adalah pembaharuan isi data prefill hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah. Terkait dengan informasi ini saya dapatkan pada hari kemarin, tepatnya ketika ada seorang Rekan Operator Dapodikdas dari salah satu SMP di kabupaten Tebo yang memerlukan generate prefill terakhir dari aplikasi Dapodikdas 2013-nya.

Dikarenakan links lama generate prefill yang pernah saya coba namun tidak berhasil. Setelah itu saya langsung mohonkan pada salah satu petugas generate prefill Bpk. Ragil Indaryanto untuk memproses generate prefill sekolah. Namun beliau langsung memberikan links “Aplikasi Generate Prefill” sebagai balasan via inbox akun Facebook beliau kepada saya, links ini sebelumnya juga sudah pernah diposting oleh Bpk. Yusuf Rokhmat pada Info Pendataan Ditjen Dikdas.

Oleh karena itu, saya pribadi ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada beliau, untuk selanjutnya tips ini saya share melalui blog ini, semoga saja semakin mempunyai manfaat yang lebih luas kepada Rekan-rekan Operator Dapodikdas SD maupun SMP pada khususnya serta pengunjung blog ini pada umumnya.

Selain itu, untuk prefill aplikasi Dapodikdas di tahun pelajaran 2014 – 2015 ini, prefill seluruh sekolah harus diperbarui agar file terakhir sinkronisasi yang telah berhasil dilakukan dapat digunakan pada versi aplikasi Dapodikdas selanjutnya, tanpa input / edit data dari awal lagi.

Berikut cara generate prefill mandiri / sendiri oleh Operator Sekolah sekaligus cara menggunakannya :

1.   Kunjungi links Aplikasi Generate Prefill.


2.   Pilih salah satu Jenis Prefill dari sekolah bersangkutan untuk digenerate prefillnya yakni “Kode Registrasi” atau “NPSN”.

3.   Masukkan “Kode Registrasi” atau Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)” pada kolom “Kode” dengan benar, kemudian klik “Generate”.


4.   Setelah proses generate prefill berhasil dan selesai, unduh pada laman unduh prefill terbaru.


5.   Untuk aktifasi, lakukan seperti biasanya, tempatkan file hasil unduh prefill terbaru tersebut pada folder “Prefill_dapodik” pada local drive “C”, uninstall aplikasi Dapodikdas yang lama, install ulang Dapodikdas dengan versi yang terbaru saat ini, lalu registrasi ulang.

6.   Selesai.

Demikian share singkat mengenai cara generate prefill terbaru aplikasi Dapodikdas di tahun pelajaran 2014/2015 ini, semoga bermanfaat dan terimakasih...  Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodikdas Sendiri (Generate Prefill Terbaru Oleh Operator Sekolah)"

Post a Comment