Pedoman / Petunjuk Teknis Penulisan (Pengisian) Ijazah Tahun Pelajaran 2013/2014 SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK, dan Ijazah Paket (A, B, C)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Berdasarkan surat dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud nomor : 7396/H/TU/2014 tanggal 6 Juni 2014 tentang Petunjuk Teknis Penulisan Ijazah / Pedoman Pengisian Blangko Ijazah Tahun Pelajaran 2013/2014 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia yang dapat dijadikan Pedoman Pengisian Blangko Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2013/2014, sebagai berikut :

Petunjuk umum pengisian blangko ijazah satuan pendidikan dasar dan menengah tahun pelajaran 2013/2014 :

1.   Ijazah untuk SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK hanya diterbitkan oleh satuan pendidikan yang sudah diakreditasi, sedang ijazah untuk Paket A, Paket B, Paket C, dan Paket C Kejuruan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
Contoh blangko ijazah SD Tahun 2014

2.   Ijazah dan hasil ujian/daftar nilai ujian dicetak bolak-balik, Ijazah di halaman depan dan hasil ujian/daftar nilai ujian halaman belakang.

3.   Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK, diisi oleh panitia yang dibentuk kepala sekolah.
Contoh blangko ijazah SMP Tahun 2014

4.   Ijazah Paket A, Paket B, Paket C, dan Paket C Kejuruan diisi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
Contoh blangko ijazah SMPLB dan Paket B Tahun 2014

5.   Ijazah ditulis tangan dengan tulisan huruf KAPITAL yang baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.

6.   Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko yang baru.

7.   Ijazah yang salah dalam pengisian sebelum dimusnahkan disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman depan dan belakang serta dimusnahkan dengan berita acara yang ditanda-tangani oleh kepala sekolah untuk ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK serta dinas kabupaten/kota untuk ijazah Paket A, Paket B, Paket C, dan Paket C Kejuruan yang disaksikan oleh pihak kepolisian.
Contoh blangko ijazah SMALB Tahun 2014

8.   Jika terdapat sisa Ijazah blangko SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK di sekolah, Kepala Sekolah mengembalikan sisa Ijazah tersebut ke Dinas Pendidikan Provinsi melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan disertai berita acara yang ditanda-tangani oleh kepala sekolah disaksikan oleh pihak kepolisian dan Dinas Pendidikan.
Contoh blangko ijazah SMK dan Paket C Tahun 2014

9.   Jika terdapat sisa blangko ijazah Paket A, Paket B, Paket C, dan Paket C Kejuruan di kabupaten/kota, Dinas Kabupaten/Kota mengembalikan sisa Ijazah tersebut ke Dinas Pendidikan Provinsi dengan berita acara yang di tandatangani oleh kepala Dinas Pendidikan dan disaksikan oleh pihak kepolisian.

10. Sisa blangko Ijazah yang terdapat di Dinas Pendidikan Provinsi dimusnahkan paling lambat 31 Desember 2014 dengan berita acara pemusnahan disaksikan oleh pejabat Dinas Pendidikan Provinsi dan pihak kepolisian.

11. Berita acara pemusnahan harus dilaporkan ke Pelaksana UN Tingkat Pusat (Balitbang Kemdikbud).

12. Bagi siswa pemilik Ijazah yang sudah pindah domisili, Ijazah dapat diambil ke satuan pendidikan yang menerbitkan atau satuan pendidikan yang menerbitkan dapat mengirimkan Ijazah tersebut ke satuan pendidikan/Dinas Pendidikan yang berdekatan dengan domisili siswa tersebut. Ijazah dikirim melalui Pos Tercatat dan terjamin tidak hilang, tidak rusak, dan dapat diterima oleh siswa yang bersangkutan.

13. Satuan pendidikan/Dinas Pendidikan tidak diperkenankan untuk menahan atau tidak memberikan Ijazah kepada pemilik Ijazah yang sah dengan alasan apapun.

Download selengkapnya Panduan Penulisan / Pengisian Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah tahun pelajaran 2013/2014 selengkapnya, silahkan klik pada links berikut ==> Juknis Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, dan sederajat TP. 2013/2014. Selanjutnya, untuk download Juknis Pengisian / Penulisan Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK, Paket (A, B, dan C) terbaru silahkan download pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

5 Komentar di "Pedoman / Petunjuk Teknis Penulisan (Pengisian) Ijazah Tahun Pelajaran 2013/2014 SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK, dan Ijazah Paket (A, B, C)"

  1. Replies
    1. Untuk Juknis Pengisian Ijazah SMA, silahkan didownload pada links ke-dua dari artikel di atas Pak... Terimakasih...

      Delete
  2. tanggal kelulusan untuk ijazah sd berapa gan?

    ReplyDelete