Cara Mengajukan NISN Baru Secara Online Bagi SD dan SMP Tahun 2014 – 2015

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Sengaja artikel kali ini saya beri judul cara mengurus / mengajukan NISN baru tahun 2014, dikarenakan prosedur pengajuan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang baru saat ini sangat berbeda dengan sistem pengajuan NISN pada waktu sebelumnya.

Menjelang awal tahun pelajaran 2014/2015 saat ini, pengajuan NISN tidak lagi melalui formulir pengajuan NISN yang harus dikirimkan secara online seperti sebelumnya, namun pengajuan saat ini menyatu dengan rangkaian proses VerVal Peserta Didik tahun 2014 yang data-datanya telah terakomodir dari hasil sinkronisasi (pengiriman data) dari aplikasi Dapodikdas 2013 dari masing-masing sekolah.

Jadi, menurut hemat saya, terkait NISN mulai tahun pelajaran 2014/2015, lagi-lagi operator sekolah mempunyai peran yang sangat vital, salah satunya dalam proses penerbitan NISN baru bagi peserta didik SD maupun SMP yang belum pernah mempunya NISN.

Oleh karena itu, mungkin saja ada beberapa peserta didik, orang tua / wali, atau mungkin saja Rekan-rekan PTK yang kebetulan tidak bertugas sebagai operator sekolah ada yang bertanya, lalu bagaimana cara mengajukan NISN bagi peserta didik yang kebetulan sampai saat ini belum memiliki NISN? 

Jawabannya, proses penerbitan NISN saat ini dapat diakses oleh operator Dapodikdas sekolah masing-masing dengan mengunakan Username dan Password yang sama dengan yang digunakan login pada aplikasi Dapodikdas 2013 sekolah asal, yakni dengan login pada laman ini, dan seterusnya.

Kemudian, khusus untuk peserta didik yang belum pernah mempunyai NISN, biasanya pada peserta didik kelas 1 SD, mungkin bagi beberapa peserta didik kelas 2 s.d. 6 SD, bahkan juga bagi beberapa siswa pada jenjang SMP yang memang belum pernah mempunyai NISN, maka prosesnya akan lebih mudah dan cepat, bahkan hanya dalam hitungan menit saja, NISN baru akan terbit dan dapat langsung dicek data-datanya melalui pencarian berdasarkan NISN yang baru terbit tadi, lebih jelasnya silahkan baca pada artikel berikut.

Intinya, bagi seluruh data peserta didik yang belum pernah memiliki NISN hingga saat ini / tahun pelajaran 2014/2015, maka dalam proses VerVal Peserta Didik pada tab “Residu” dipilih “Not Match”, dan icon “Not Match” ini biasanya langsung muncul setelah baris data pada salah satu anak dipilih / diklik.

Namun ada sebagian yang muncul “Search Next” hingga “Pencarian 5” baru akan muncul kembali icon “Not Match” setelah data anak tersebut memang belum ada / tidak ada yang sama pada database PDSP, maka setelah klik “Not Match” sesaat kemudian NISN baru akan terbit (data peserta didik dari tab “Residu” akan hilang dan berpindah ke tab “Referensi” beserta dengan NISN barunya.

Demikian informasi tentang prosedur pengajuan NISN baru tahun 2014 - 2015. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

4 Komentar di "Cara Mengajukan NISN Baru Secara Online Bagi SD dan SMP Tahun 2014 – 2015"

  1. Pak mau tanya caranya buat websetperibadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya dapat dibuat melalui www.blogger.com Pak, banyak kok tutorial dari Rekan-rekan blogger tentang cara membuat website / blog pribadi, silahkan searching via Google... Terimakasih...

      Delete
  2. masuk password nya brdasarkan apa pak dadang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan Email dan Password yang telah didaftarkan di SDM PDSP Pak, untuk daftar silahkan pelajari di sini, dan untuk contoh SK Penugasan yang dilampirkan saat registrasi dapat diunduh di sini... Terimakasih...

      Delete