Cara Cek NISN Yang Valid di Laman NISN & Referensi Data Peserta Didik PDSP Kemdikbud Tahun 2014

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Berdasarkan Permendikbud No. 1 Tahun 2012, dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 958, Bidang Data Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan menyelenggarakan fungsi:

a.   penyusunan bahan kebijakan teknis pengelolaan data peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pada semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan;

b.   penyusunan bahan koordinasi dan fasilitasi pengelolaan data peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pada semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan;

c.   pelaksanaan kompilasi, validasi dan integrasi data peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan setiap satuan pendidikan pada semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan; dan

d.   pengelolaan data peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pada semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan.

Pasal 961

a.   Sub bidang Validasi dan Integrasi Data Peserta Didik mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan kebijakan teknis, koordinasi, dan fasilitasi pengelolaan data, kompilasi, validasi, dan integrasi serta pengelolaan data peserta didik pada semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan.

Data peserta didik dipublikasikan melalui laman nisn.data.kemdikbud.go.id dan referensi.data.kemdikbud.go.id


a.   Terdiri dari semua data siswa yang telah memiliki NISN baik di jenjang pendidikan dasar, menengah, siswa lulusan pendidikan dasar dan menengah maupun siswa putus sekolah.

b.   Jumlah siswa ± 47 juta siswa.

c.   Akses data individu siswa dapat dilakukan dengan melakukan pencarian data berdasarkan NISN ataupun pencarian berdasarkan Nama siswa, Tempat dan Tanggal Lahir.


Menu Data Master – Peserta Didik :

a.   Terdiri dari semua data siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah yang telah memiliki NISN yang valid (sesuai dengan referensi NISN PDSP).

b.   Jumlah siswa ± 24 juta siswa.

c.   Akses data individu siswa dapat dilakukan berdasarkan wilayah (provinsi, kab/kota) sampai individu siswa pada sekolah.


Data Master - Peserta Didik – Pendidikan Dasar dan Menengah

Data Master Peserta Didik Pendidikan Dasar dan Menengah – Provinsi – Kab/Kota

Data Master Peserta Didik - SD INPRES BUASUM

Data Master Peserta Didik - SD INPRES BUASUM – Individu Siswa

PENGISIAN / PENULISAN NISN YANG VALID DI BLANGKO IJAZAH KELAS 6 SD DAN KELAS 9 SMP TP. 2013/2014 & CARA CEK NISN SELURUH PD PADA “INFO SISWA” TAHUN 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia, berikut saya share info sekilas NISN peserta didik di tahun 2014. VerVal NISN PD kelas 6 untuk SD dan kelas 9 SMP silahkan segera dioptimalkan termasuk cek validasi NISN masing-masing anak tersebut, agar supaya dalam penulisan NISN pada blangko ijazah SD maupun SMP TP. 2013/2014 pada isian NISN masing-masing PD nanti terisi dengan NISN yang valid. Pastikan VerVal Peserta Didik telah selesai 100 %.


Berikut cara cek NISN Peserta Didik yang valid :

1.   Copy NISN salah satu PD pada tab “Referensi” pada laman VerVal NISN PD, untuk cek khusus data kelas 6, buka data PD yang terdapat kolom “Tingkat” 6 seperti pada gambar di bawah :


2.   Paste-kan pada kolom pencarian berdasarkan NISN pada laman http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data


3.   Lihat NISN siswa dan data-data lainnya pada hasil cek data siswa berdasarkan NISN pada “Info Siswa”.


4.   Selesai.

Untuk melihat contoh blanko ijazah SD maupun SMP tahun pelajaran 2013/2014 berikut petunjuk teknis pengisiannya, silahkan lihat pada link berikutDemikian informasi singkat terkait pengisian NISN yang valid pada blanko ijazah kelas 6 SD dan kelas 9 SMP. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Cek NISN Yang Valid di Laman NISN & Referensi Data Peserta Didik PDSP Kemdikbud Tahun 2014"

Post a Comment