Dampak Positif / Hikmah Adanya Aplikasi Dapodikdas 2013 Bagi Operator Sekolah

Sahabat Operator Sekolah dan juga PTK di manapun Anda berada... 

Di pengujung akhir tahun pelajaran 2013/2014 tentu tidak dapat dilepaskan dari adanya sebuah catatan penting yang tentunya bersejarah bagi dunia pendidikan khususnya bagi seluruh jenjang Dikdas (SD maupun SMP) se-Indonesia yakni adanya aplikasi Dapodikdas 2013-2014 yang menjadi faktor terpenting terbit tidaknya SK Aneka Tunjangan bagi guru, dan yang terakhir adalah penentu terbit tidaknya SK Tunjangan Profesi Guru/Pendidik untuk semester 1 tahun anggaran 2014 ini.


Mulai dari peluncuran aplikasi pada triwulan 4 tahun 2013 lalu, aplikasi Dapodikdas 2013 ini selalu menjadi trending topic, khususnya di dunia maya / online, website, blog, tak terkecuali pada blog personal saya ini juga, karena kebetulan selain sebagai guru bidang studi, saya juga mengemban tugas sebagai operator sekolah untuk 1 SD dan 1 SMP, dan alhamdulillaah saat ini data-data dari seluruh guru yang berkaitan dengan tunjangan sudah beres.

Hingga pada bulan ini pun, aplikasi Dapodikdas 2013 masih menjadi topik yang hangat dengan hasil pencarian sekitar 81.000 hasil (0,44 detik) pada mesin pencari google.com (17 Mei 2014), dan kemungkinan ini akan terus berlanjut hingga akhir bulan Juni 2014 nanti.

Setelah lebih dari 1 semester berkutat pada aplikasi Dapodikdas 2013, berikut saya mencoba uraikan dampak positif ataupun hikmah dengan adanya aplikasi Dapodikdas 2013 ini :

1.   Kemampuan dan wawasan TIK Operator Sekolah meningkat, mulai dari kemampuan instalasi, service ringan hardware maupun software laptop / komputer PC.

2.   Saling mengenal antara sesama Operator Sekolah, Operator Disdik, bahkan dengan Operator Dapodik Pusat (walaupun melalui dunia maya).

3.   Meningkatkan ketelitian dan kesabaran karena telah terbiasa entry / input data-data yang berorientasi pada akurasi dan kevalidan data, tentu hal ini akan berdampak positif bagi dunia pendidikan ke depan, khususnya dalam bidang pendataan Dikdas.

4.   Pemahaman dasar-dasar hukum bertambah bagi Operator Sekolah maupun PTK yang mana seluruh kebijakan saat ini ada tentunya berdasar pada aturan-aturan hukum yang berlaku.

5.   Jalinan komunikasi antara Operator Sekolah dengan Kepala Sekolah beserta seluruh Guru semakin erat dikarenakan seringnya koordinasi khususnya terkait pendataan Dikdas.

6.   Kemampuan dan ketahanan fisik yang semakin meningkat, dikarenakan seringnya Operator Sekolah bekerja lembur, bisa karena terbiasa.

7.   Hampir seluruh sekolah dipastikan telah memiliki laptop dengan spesifikasi bagus sejak adanya aplikasi Dapodikdas 2013.

8.   Tolong-menolong antara Operator Sekolah semakin membudaya, sehingga jalinan silaturahmi pun semakin erat.

9.   Dan lain sebagainya.

Demikian beberapa dampak positif ataupun hikmah adanya aplikasi Dapodikdas 2013-2014 ini, bagi Rekan-rekan Operator Sekolah maupun PTK yang ingin menambahkan dampak positif adanya aplikasi Dapodikdas 2013, silahkan berkomentar di sini. Akhirnya, semoga apa yang telah kita lakukan ini, bukan hanya mendapatkan kebaikan di dunia, namun juga kebaikan di akhirat kelak. Amiin... Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Dampak Positif / Hikmah Adanya Aplikasi Dapodikdas 2013 Bagi Operator Sekolah"

  1. Sangat benar mas dadang. Mantap postinganx. Maju trus ya. Oia mau tanya untuk BSM (bantuan siswa miskin) apa akan di ambil dari data dapodik juga?

    ReplyDelete
  2. Semua memang benar pak dadang dan itu tidak bisa di pungkiri akan hikmah positif yang sudah terjadi semenjak adanya aplikasi dapodikdas ini.
    Cuma satu yang masih kurang di benak saya, apakah ada yang akan memperjuangkan nasib para operator ini..??? paling tidak karena beban kerja yang cukup rumit ini ada yang mau berkenan memperhatikan nasib para operator tentunya tentang pengangkatannya,karena kalau dilihat masih banyak juga para operator sekolah ini masih berstatus honor komite sekolah....
    Jika ada saran tolong di kirim sarannya ya pak...

    ReplyDelete