Cara Menggunakan / Proses Backup Sinkron Dapodik V.2.0.7 Yang Benar dan Tips Agar File Hasil Backup BSD V.2.0.7 Terbaca di Server P2TK Dikdas 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Berdasarkan pengalaman pada aplikasi BSD sebelumnya, yakni pada aplikasi BSD untuk v.2.0.6 Dapodikdas 2013 sebelumnya, ternyata masih banyak yang mengalami hasil data backup yang hanya berukuran sekitar 1 s.d. 2 KB, sehingga data hasil backup tersebut tidak terbaca pada server P2TK.

Hal ini dikarenakan proses menggunakan aplikasi BSD ini dengan cara langsung klik 2 x pada icon aplikasi BSD, padahal cara yang benar adalah dengan arahkan kursor pada icon aplikasi BSD, kemudian klik kanan terlebih dahulu pada mouse, lalu pilih “Run as administrator, dan seterusnya.

Untuk antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi, yakni adanya hasil backup aplikasi BSD untuk v.2.0.7 yang kapasitas hasil backup data hanya 1 / 2 KB, silahkan lakukan cara-cara seperti yang tercantum pada petunjuk manual aplikasi BSD untuk backup data aplikasi Dapodikdas 2013 versi 2.0.7 dengan cara yang benar, sebagai berikut :

1.      Buka aplikasi BSD yang sudah terpasang pada komputer (disarankan dengan cara klik kanan pada icon kemudian pilih Run as Administrator).

2.      Tampilan pertama aplikasi akan menampilkan daftar sekolah yang tersimpan pada komputer tersebut, pilih salah satu (apabila lebih dari satu) kemudian pilih tombol Lanjutkan.

3.      Proses backup akan langsung dimulai tahapan demi tahapan seperti yang tampil pada kotak putih.

4.      Selama proses belum selesai maka tombol ‘Kembali’ dan ‘Simpan’ dalam kondisi tidak aktif, apabila proses berhasil maka akan tampil seperti berikut :

5.      File hasil backup langsung dikirim ke server P2TK Dikdas, disarankan menyimpan file pada komputer lokal juga dengan memilih tombol Simpan.

6.  Pengiriman ke server secara langsung dibatasi tiap hari tiap sekolah. Apabila telah berhasil mengirimkan pada pengiriman selanjutnya akan tampil seperti berikut :

7.      Selamat bekerja.

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Menggunakan / Proses Backup Sinkron Dapodik V.2.0.7 Yang Benar dan Tips Agar File Hasil Backup BSD V.2.0.7 Terbaca di Server P2TK Dikdas 2014"

Post a Comment