Hasil Validasi Data Sinkronisasi Dapodik V.2.0.7 dan Tanya Jawab Seputar Penerbitan SKTP Tahun 2014 P2TK Dikdas

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Hasil validasi data sinkronisasi menggunakan DAPODIK Versi 2.07c didapati data :

1.   37 ribu sekolah sudah berhasil sinkron.
2.   Dari 37 ribu, data 32 ribu sudah pula mengirimkan BSD.
3.   5 ribu sekolah sudah melakukan sync dengan 2.07, namun tidak pernah mengirimkan BSD.

Oleh sebab itu, diambil kesimpulan untuk 32 ribu yang berhasil sync tetapi pernah mengirimkan BSD kami belum merubah data dari BSD ke sync karena dikhawatirkan akan merusak data yang ada. 

Dan dari 5000 sekolah yang sudah sync insya Allah hasilnya bisa dilihat 2 atau 3 hari ke depan (mudah-mudahan nggak ada kendala yang berarti). Jadi bisa di simpulkan :

1.   Masih banyak sekolah yang masih menggunakan DAPODIK versi 2.06 karena takut datanya bermasalah dan nggak bisa dibackup dengan BSD.

2.   Masih banyak sekolah yang berharap ada BSD lanjutan.

Oleh sebab itu pihak DAPODIK sudah mengeluarkan penjadwalan dan pembagian wilayah untuk sinkronisasi (mudah-mudahan berjalan sesuai dengan yang diharapkan), maka bagi sekolah-sekolah yang belum melakukan migrasi dari 2.06 ke 2.07 kami harap untuk segera melakukan migrasi ke 2.07c dan melakukan sinkronisasi sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan.

Maka saya mencoba merangkum pertanyaan yang timbul minggu ini, antara lain :

1.   Apa masih bisa mengirimkan data dengan BSD ? Jawabannya, tidak bisa, (BSD sudah tidak kami proses lagi).

2.   Dapodik versi 2.07 tidak bisa sinkron ?? Jawabannya, pastikan patch-nya adalah 2.07c.

3.   Saya sudah melakukan sinkron menggunakan 2.07c namun belum ada perubahan di Lembar Info PTK? Jawabannya, kami belum menarik penuh data sinkron untuk digunakan dalam validasi data di P2TK Dikdas.

4.   Data saya sudah valid, namun SK TPP Belum terbit ?? Jawabannya, kami mengeluarkan SK TPP secara bertahap sesuai dengan usulan hasil verifikasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

5.   Data saya sudah valid, data sudah di usulkan OP Dinas tapi SK TPP belum terbit ?? Jawabannya, masih ada kelengkapan data yang belum lengkap. Misal (No Rekening belum terbentuk oleh pihak bank yang sudah melakukan MOU, NIP bermasalah, Golongan dan Masa kerja yang aneh).

6.   Data sudah valid, data sudah di usulkan dan SK TPP sudah terbit tapi dana tunjangan belum ada di rekening? Jawabannya (ada proses pencairan yang nggak mungkin 1 atau 2 jam cair jadi sabar yah..., nggak bakal ilang juga duitnya).

PERTANYAAN TEKNIS :

1.   Kepsek dan Wakasek yang mengajar BP datanya belum valid? Jawabannya, kami masih memverifikasi dan menghitung ulang untuk beban kerjanya.

2.   NIP dan Tanggal Lahir berbeda dikarenakan NIP yang dikeluarkan oleh BKN tidak sesuai dengan tanggal lahir? Jawabannya, NIP wajib sama dengan tanggal lahir sebagai dasar perhitungan pensiun maka kami akan menambahkan fitur di aplikasi tunjangan profesi untuk mengakomodir masalah ini (tunggu info lebih lanjut).

3.   Mulok belum linier? Jawabannya, pastikan penulisan mata pelajaran lokal pada aplikasi Dapodik sama dengan mata pelajaran yang tertera pada Sk Penetapan Bupati/Walikota/Gubernur, Misal ; di SK Bahasa Jawa maka di Dapodik wajib ditulis Bahasa Jawa. Jangan B. Jawa atau Bhs Jawa.

4.   Batas akhir data yang kami terima adalah akhir bulan Mei tahun 2014 sebagai dasar penerbitan SK TPP untuk semester 1.

PESAN :

1. Jangan ubah-ubah jam karena PTK yang sudah SK JJM-nya kami kunci.

2. Lakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum melakukan sinkron.

3. Kalau sudah cair tunjangannya, jangan lupa sama Operator Sekolah.

4. Banyak-banyak berdoa.

UNTUK SELURUH OPERATOR SEKOLAH :

Jangan banyak bergadang karena percuma, Dapodik sudah menjadwalkan dan pembagian wilayah serta pada pukul 00.00 - 03.00 WIB ada maintenance jadi dipastikan nggak akan bisa sinkron.

ADMIN P2TK DIKDAS

Artikel Terkait:

3 Komentar di "Hasil Validasi Data Sinkronisasi Dapodik V.2.0.7 dan Tanya Jawab Seputar Penerbitan SKTP Tahun 2014 P2TK Dikdas"

  1. pak dadang baru sibuk jadi sabar ya maklum banyak pertanyaan ..kasihan pak dadng

    ReplyDelete