Cara / Tips Sinkronisasi Berhasil V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Rekan-rekan OPS Dikdas di manapun Anda berada, berikut saya share tips sync v.2.0.7 aplikasi Dapodikdas 2013 untuk melengkapi artikel saya sebelumnya.

Semoga saja dapat menjadi solusi sync berhasil pada v.2.0.7 sekaligus saling berbagi pengalaman bersama-sama di sini dan pastinya saya berharap semoga artikel kali ini bermanfaat bagi seluruh rekan operator sekolah.


Dan langsung saja saya coba ulas tips syncronisasi sekaligus saya mencoba paparkan hal-hal yang berkaitan dengan tips ini, sebagai berikut :

1.      Gunakan web browser “Chrome”.

2.      Seperti biasa, validasi 0, klik “Update Versi Terbaru” setelah terupdate, klik kembali “Sinkronisasi”.

3.  Pastikan HANYA PROSES SINKRONISASI APLIKASI DAPODIKDAS SAJA yang “menguasai” prosesor komputer PC / laptop hingga sinkronisasi berhasil dengan sempurna (kalau perlu ditinggal sejenak, sambil istirahat, makan, dll).

4.  Gunakan koneksi online / PAKET INTERNET “SUPER CEPAT” (HSDPA ataupun 3G), setahu saya HSDPA (3,5 G) maupun yang 3 G. Untuk perlu diketahui, jangkauan HSDPA akan menyempit jika penggunanya bertambah banyak. Jadi jika BTS (Base Transceiver Station) dengan maksimal / limit pengguna radius sekitar 2 km dari tower, jika pengguna makin bertambah maka radius jangkauannnya juga akan semakin menyempit.

Misalnya yang seharusnya dapat menjangkau hingga 2 Km seperti di atas dapat menjadi 1,5 atau bahkan s.d hanya beberapa ratus meter saja dari tower BTS-nya, sehingga hal ini otomatis dapat menyebabkan pengguna yang berada di jarak 2 km tadi akan kehilangan sinyal HSDPA dan diganti sinyal 3G yang tentunya radius jangkauannya lebih luas dari HSDPA.

Pada fasilitas layanan koneksi internet 3G pun sama seperti halnya HSDPA (3,5 G), semakin banyak pengguna 3G, maka radius jangkauan 3G yang bisa menggunakan kecepatan jaringan akses internetnya pun radiusnya semakin berkurang, sehingga walaupun 3 G kecepatan akses internetnya “lelet”/ lambat. Maka, proses sinkronisasi yang dilakukan yang jaraknya semakin dekat dengan tower BTS dari Operator Seluler yang digunakan, maka kemungkinan berhasil sync juga lebih besar.

5.  Berdasarkan pengalaman pribadi saat membantu Rekan-rekan OPS, SINKRONISASI ONLINE berhasil dilakukan pada sekitar jam 05.00 s.d. 07.00 WIB (jam pagi), jam 05.00 s.d. 07.00 WIB (jam sore hari), dan pada jam 22.00 s.d. 11.45 WIB (jam malam), mohon maaf pada jam siang tidak ada pengalaman yang saya temui berhasil.

6.      Melakukan sync sesuai jadwal terbaru yang sebelumnya hari Sabtu – Minggu bebas, namun saat ini berlaku hanya untuk beberapa wilayah seperti pada gambar di atas.

7.      Pastikan versi update database sudah v.2.0.7 dan pengaturan waktu dan tanggal dalam Indonesia pada jam sekarang.

8.      1 tips sync : gagal sync, putuskan koneksi internet, lalu connect lagi, sync kembali, sebagian besar sistem komputer otomatis berganti IP dengan tips ini (walaupun kartu GSM tidak diganti baru).

Untuk sementara sampai di sini dulu Sahabat Operator Sekolah, semoga berhasil... Amiin... Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "Cara / Tips Sinkronisasi Berhasil V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014"

Post a Comment