Cara Menyimpan Seluruh Halaman Hasil Cek Lembar Info PTK 2014 Ke Dalam Format Pdf - Khusus "Google Chrome"

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Kembali di sini saya share bagaimana cara menyimpan seluruh halaman yang tampil pada layar komputer ke dalam format PDF, sehingga pada waktu lain ketika ketika tidak offline (tidak tersambung dengan internet), kita akan tetap bisa membuka ataupun mencetak dari file berformat PDF ini. 

Namun tips ini hanya efektif berlaku pada web browser chrome saja, tapi tidak ada salahnya bila rekan mau coba menggunakan web browser lainnya, siapa tahu saat ini sudah support.

Cara menyimpan halaman dalam bentuk PDF (Portable Document Format) khusus pada "Chrome" :

  • Setelah seluruh tampilan sempurna pada web browser Anda, klik perintah untuk cetak/print “CTRL + P”, pada langkah ini, kita hanya memanfaatkan fasilitas yang ada pada program printing, bukan untuk dicetak, melainkan kita cukup simpan tampilan tersebut dalam format PDF.

  • Selanjutnya, akan muncul pilihan pada sesi penyimpanan, beri nama sesuai dengan keinginan Anda (ingat pada bagian bawah pemberian nama file tersebut yakni Save as type ==> “Adobe Acrobat Document).

  • Untuk membuka / cetak file PDF tersebut, di lain waktu atau bahkan saat offline, tinggal klik pada file tersebut pada media penyimpanan di drive komputer.

Demikian tips dan triks singkat lagi mudah tentang cara menyimpan halaman web / situs online (bisa juga untuk menyimpan aplikasi offline) secara penuh serta cara menyimpan seluruh tampilan halaman web penuh dalam bentuk / format PDF. Selanjutnya, buka hasil penyimpanan file dari layar monitor komputer / laptop tersebut pada drive penyimpanan Anda. Demikian share singkat ini, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Cara Menyimpan Seluruh Halaman Hasil Cek Lembar Info PTK 2014 Ke Dalam Format Pdf - Khusus "Google Chrome""

  1. halaman LTD tidak bisa terbuka apa ya masalahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipsnya, silahkan arahkan kursor pada kolom URL LTD yang gagal tampil, lalu klik "Enter", insya Allah laman LTD akan tampil...

      Delete