Beberapa Pilihan Jawaban Operator Sekolah Untuk Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan Dari PTK Yang Belum Terbit SKTP-Nya

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan di malam hari ini, saya akan share pengalaman pribadi ketika menjawab beberapa pertanyaan dari PTK yang kebetulan SK Tunjangan Profesi-nya belum terbit pada bulan April 2014 ini.

Bagi Rekan-rekan lain silahkan menambahkan pengalamannya di sini, semoga bisa membantu Rekan-rekan OPS kita lainnya yang kebetulan mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari beberapa PTK yang kebetulan belum terbit SKTP tahap 1 pada bulan April 2014, sebagai berikut :

1.      Mengapa data saya tidak valid?

Karena data-datanya belum benar, belum berhasil terbaca server, belum berhasil sinkronisasi, untuk versi v.2.0.7 saat ini belum sinkron data-data yang sudah terkirim pada server Dapodik dengan server P2TK Dikdas.

2.      Apakan masih ada kesempatan perbaikan, dan sampai kapan?

Perbaikan masih bisa dilakukan via aplikasi Dapodikdas, silahkan cek pada hasil cek lembar info PTK 2014 terbaru Anda, bila perlu perbaikan, segera penuhi bahan-bahan pendukung datanya, sehingga perbaikan segera dapat dilakukan, dan data terupdate segera dapat dikirim melalui sync aplikasi Dapodikdas 2013 versi 2.0.7.

Dan batas waktu perbaikan data ini sampai dengan akhir Mei 2014, untuk penerbitan SKTP pada bulan Juni 2014 ingat SKTP tahun ini hanya berlaku untuk 1 semester (6 bulan). Mulai bulan Juli s.d. Desember 2014 (semester 1 TP. 2014/2015) sudah menggunakan aplikasi Dapodik yang baru.

3.      Mengapa kok gagal sinkron?

Server lagi over load, maintenance, atau memang koneksi internet yang tidak support untuk sinkron.

4.      Mengapa data pada lembar info PTK yang dulu sudah valid sekarang menjadi merah (invalid)?

Yang valid kemarin adalah data-data yang diambil dari BSD, dan saat ini dikembalikan pengambilan datanya dari hasil sinkronisasi berhasil sebelum aplikasi BSD dirilis.

Saat ini diupayakan perbaikan optimal, selanjutnya disinkronisasi lagi via aplikasi Dapodikdas versi 207, dan tim pusat sedang mengusahakan sinkron antara data yang sudah terkirim dengan server Dapodik dengan server P2TK Dikdas yang akan tampil pada hasil cek Lembar Info Verifikasi Data PTK 2014, dan mudah-mudahan hal ini akan menjadikan data valid kembali seperti pada halnya data yang tampil dari BSD kemarin.

5.      Data-data saya telah valid pada lembar cek info PTK 2014, tapi mengapa SKTP tidak terbit?

Masalah itu, silahkan konfirmasi langsung ke Operator Tunjangan Disdik Kabupaten/Kota (sebagai final ceck).

Demikian share singkat tentang cara menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan dari PTK yang kebetulan pada Lembar Info PTK 2014, khususnya pada bagian “Tunjangan Profesi” belum bisa diklik ataupun bagi PTK yang belum terbit SKTP-nya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.... Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

1 Komentar di "Beberapa Pilihan Jawaban Operator Sekolah Untuk Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan Dari PTK Yang Belum Terbit SKTP-Nya"

  1. Pak saya taya?, sudah sycronisasi bulan maret ini tapi di skptnya tetap terbaca 14-02-2014 dan ada masalah di sktpn gurunya murid belum terdaftar di rombel....thanks

    ReplyDelete