2 (Dua) Cara / Solusi Mengatasi Blank Setelah Klik Tombol Sinkronisasi V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2013-2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan di sore hari ini saya akan share pengalaman pribadi saat membantu 3 Rekan OPS (2 SD dan 1 SMP) yang kebetulan mengalami permasalahannya sama, dan alhamdulillah semuanya berhasil. 

Dan sebagian besar data PTK yang telah valid sudah terbit SKTP-nya pada tahap pertama di awal bulan April kemarin.

Permasalahan yang terjadi di atas yakni, setelah klik validasi “0”, kemudian klik “Sinkronisasi”, namun ternyata yang terjadi adalah blank screen pada tabel yang seharusnya muncul rincian “Update Versi Terakhir” seperti pada gambar berikut :

Di sini saya share 2 cara untuk mengatasi permasalahan layar kosong / putih setelah saat sinkronisasi akan dilakukan pada v.2.0.7 ini, artinya apabila cara 1 telah dilakukan dengan benar dan kebetulan gagal, silahkan lakukan kembali cara yang ke-2, yakni :

Cara 1 untuk mengatasi masalah blank pada tabel update sinkronisasi :
Cara yang pertama, sudah saya publikasikan pada artikel sebelumnya tentang cara memastikan v.2.0.7c, dan patch ulang menggunakan file patch v.2.0.7c.

Apabila pada cara 1 di atas telah dilakukan , setelah Anda klik “Sinkronisasi” ternyata masih juga blank, silahkan lakukan cara 2 (ingat, cara kedua ini dilakukan hanya untuk yang setelah dilakukan langkah-langkah pertama ternyata tidak berhasil mengatasi permasalahan blank setelah klik “sinkronisasi” dengan benar), seperti biasa, yakni dengan cara backup and restore “database” aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 :

1.   Copy 1 folder “database” ke drive lain / flash disc dari Local Disc (C) ==> Program Files ==> Dapodikdas ==> database.

2.   Uninstall aplikasi Dapodikdas melalui  "Control Panel".

3.   Install ulang aplikasi dengan installer v.2.0.6, kemudian langsung patch menggunakan v.2.0.7c.

4.   Input “services.msc” pada star menu komputer, setelah tampilan Services (Local) muncul, klik kanan pada masing-masing “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”, lalu klik kanan pada kedua file ini, dan klik “Stop” pada keduanya. Selanjutnya, silahkan minimize tampilan ini.

5.   Copy 1 folder “database” hasil backup database dari no. 1 di atas, lalu buka Local Disc (C) ==> Program Files ==> Dapodikdas ==> database. Hapus database yang ada, lalu paste “database” yang dicopy tadi di sini (untuk menggantikan database baru hasil instalasi terbaru dengan database lama dari database yang sudah terentry data terakhir).

6.   Kemudian buka kembali tampilan "Service (Local)" yang tadi diminimaze pada no. 4 di atas, lalu klik kanan pada “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”, klik pada kedua bagian ini lalu “Start” keduanya. kemudian tutup tampilan ini.

7.   Login kembali ke aplikasi seperti biasa.

8.   Selesai.

Demikian tutorial singkat ini saya share untuk mengatasi permasalahan blank saat akan sinkronisasi online via aplikasi Dapodikdas v.2.0.7, semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "2 (Dua) Cara / Solusi Mengatasi Blank Setelah Klik Tombol Sinkronisasi V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2013-2014"

Post a Comment