Untuk Kepastian Berhasil Tidaknya Proses Pengiriman Data BSD, Perlu Koordinasi Aktif Antara Operator Tunjangan Profesi (Simtun) Disdik Kabupaten / Kota Dengan Operator Sekolah

Rekan-rekan OPS yang semoga saja selalu berbahagia... Amiin...

Demi kepastian akan sudah berhasil atau tidaknya pengiriman data backup BSD perlu adanya koordinasi aktif antara pihak sekolah, dalam hal ini bisa oleh Kepala Sekolah ataupun Operator Sekolah dengan Operator Tunjangan Profesi Disdik Kabupaten / Kota masing-masing.

Hal ini sangat penting, dikarenakan dari data BSD yang data backup-nya diambil dari aplikasi Dapodikdas 2013 semester 2 (genap) tahun ajaran 2013/2014 untuk selanjutnya diakomodir oleh seluruh Operator Tunjangan Kabupaten / Kota, dan seterusnya seluruh data BSD dari sekolah-sekolah di wilayahnya tersebut di-upload melalui Aplikasi SimTun P2TK Dikdas 2014.

Selain itu, apabila kita mendapatkan informasi up to date tentang BSD sekolah kita dari pihak Disdik Kabupaten/Kota yang mungkin data BSD kita memerlukan perbaikan karena data backup tidak dapat di-upload biasanya disebabkan adanya kapasitas file …*.std dari aplikasi BSD berkapasitas 1 Kb ataupun dikarenakan kurang lengkap data di semester 2 (genap) maka kita dapat segera memperbaiki data-data tersebut, lalu segera menyerahkan kembali kepada Operator SimTun untuk di-upload ke server P2TK Dikdas kembali.

Namun begitu, hendaknya kita sebagai OPS juga memaklumi kepada Operator Tunjangan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat apabila mungkin kita harus mengirim kembali (kirim ulang) data backup BSD dikarenakan sesuatu hal yang tidak terduga.

 Hal di atas mungkin saja terjadi, dikarenakan jumlah keseluruhan dari data BSD dari seluruh tingkat (jenjang) pendidikan dasar, baik SD maupun SMP terdapat ratusan sekolah dalam setiap kabupaten / kota di seluruh Indonesia yang harus di-upload oleh beberapa personil Disdik Kabupaten/Kota tersebut, bahkan mungkin hanya oleh 1 (satu) personal saja.

Sahabat OPS di manapun berada, proses panjang semenjak akhir 2013 lalu hingga hari ini memang belum berakhir. Akan tetapi mari kita tetap bekerja sama dan bersinergi demi kualitas pendataan Dikdas yang akan terus lebih baik. Banyak sudah hikmah yang sudah kita dapat selama ini, dan yakinlah bahwasannya, semua ini nantinya akan membuahkan senyum bagi kita semuanya. Amiin...

Salam semangat dan pantang menyerah demi membantu sekolah dan Rekan-rekan PTK kita yang sedang berjuang dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang mulia yakni “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. 

Dan dengan begitu, insya Allaah apapun yang sudah kita usahakan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan serta dengan upaya yang sudah se-optimal mungkin, hingga apapun hasilnya, akan dapat bernilai ibadah dan kebaikan. Amiin… Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

4 Komentar di "Untuk Kepastian Berhasil Tidaknya Proses Pengiriman Data BSD, Perlu Koordinasi Aktif Antara Operator Tunjangan Profesi (Simtun) Disdik Kabupaten / Kota Dengan Operator Sekolah"

  1. pak kenapa ya.jumlah siswa yang keluar pada info ptk tdk sama dengan yg di masukkan di aplikasi.?padahal sdh hasil pengiriman BSD tgl 6 maret 2014.salahnya di mana ya pak?

    ReplyDelete
  2. ass,
    pak dadang mohon solusinya, punya saya SDy kok ga masuk dalam daftar BSD za...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya balas via inbox Fb Pak Abdullah...

      Delete
  3. Assalamulaikum Pak Dadang,,,saya mau tanya ketika saya print data PTK,Koq gak lengkap dlm artian gaji pokok g kluar pdhl d dpodik sudah q entri,,mhon pnjlasannya
    trima ksih

    ReplyDelete