Setelah Data Dari BSD Valid Sebaiknya Tidak Melakukan Sinkronisasi Online Via Aplikasi Dapodikdas 2013, Kecuali Sesudah SKTP 2014 Triwulan I Terbit

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Alhamdulillaah Sahabat… Masih ada kesempatan di malam hari ini untuk berbagi pengalaman terbaru dari saya pribadi kepada Rekan-rekan OPS Dikdas semuanya. Semoga artikel ini sekaligus dapat menjadi jawaban atas beberapa pertanyaan dari Rekan-rekan OPS yang telah mempertanyakan mengapa data pada cek lembar info PTK 2014 yang sebelumnya valid, saat ini kembali tidak valid...?

Berikut poin-poin penting terkait validasi data PTK pada lembar info PTK sebatas pengetahuan saya hingga saat ini, sebagai berikut :

1.   Saya sendiri berhasil cek lembar info PTK dalam kurun waktu 2 hari ini menggunakan modem GSM dengan operator seluler 3 (three).

2.   Dan ternyata di malam hari ini ada sedikit tambahan tampilan, tepatnya pada nomor 6.9 (Gaji Pokok sesuai PP 22 Tahun 2013), hal ini berbeda pada malam kemarin yang mana jumlah gaji pokok ini belum tercantum seperti pada screen shoot lembar info PTK dari Kepala Sekolah ataupun Guru seperti yang telah saya publikasikan sebelumnya.

3.   Menurut analisa saya hingga saat ini, hasil pengolahan data pada lembar info PTK 2014 ini berasal dari 2 sumber data, pertama, dari data BSD yang telah kita kirimkan melalui operator SimTun Disdik Kabupaten/Kota melalui aplikasi SimTun P2TK Dikdas dan yang kedua, berasal dari hasil sinkronisasi online via aplikasi Dapodikdas 2013. Tentunya data terakhir yang berhasil terkirim ke server P2TK yang akan terbaca.

4.   Untuk sementara waktu hingga SKTP 2014 terbit, sebaiknya setiap perubahan data-data pada aplikasi dikirimkan melalui aplikasi SimTun oleh Operator Disdik Kabupaten / Kota setempat, silahkan cermati penjelasan-penjelasan tentang hal ini pada uraian di bawah.

Oleh karena pada poin nomor 3 dan 4 di atas, mohom maaf ini baru sebatas analisa saya saja dengan beberapa pertimbangan yang ada, salah satunya dari beberapa pertanyaan-pertanyaan Rekan-rekan OPS pada blog personal saya ini, bahwasannya sebelumnya data dari salah satu atau beberapa PTK pada tampilan lembar info verifikasi PTK sudah valid (datanya diambil dari BSD), namun setelah dicek kembali di kemudian hari ternyata data-data PTK tersebut menjadi tidak valid pada beberapa bagian yang bervariasi tentunya (data diambil dari hasil sinkronisasi terakhir via aplikasi Dapodikdas 2013).

Jadi, lebih jelasnya begini, data BSD yang telah dikirim sebelumnya telah benar dan valid, akan kembali berubah dikarenakan kita melakukan sinkronisasi via aplikasi Dapodikdas 2013 setelah BSD terbaca pada halaman Lapor Tunjangan Dikdas (DATA HASIL SINKRONISASI VIA APLIKASI YANG TERBACA SAAT INI MENGGANTIKAN DATA DARI BSD SEBELUMNYA), jadi yang terbaca pada halaman tersebut adalah hasil pengiriman data terakhir pada server P2TK Dikdas, kalau tidak BSD yang telah dikirim Operator SimTun Disdik Kabupaten/Kota melalui aplikasi SimTun P2TK Dikdas, ya tentu saja dari sinkronisasi via aplikasi Dapodikdas 2013 oleh Operator Sekolah.

Padahal sebelum server Dapodikdas dapat mengakomodir sinkronisasi secara 100 %, setiap perubahan data terbaru juga harus dikirim melalui BSD kembali melalui Operator SimTun. Walaupun BSD ini hanya untuk kepentingan tunjangan PTK. Sehingga saya pribadi berkesimpulan begini, sinkronisasi via aplikasi Dapodikdas 2013 dapat kita lakukan kembali setelah server benar-benar sudah fix, namun setelah SKTP dari seluruh PTK pada akhir bulan Maret atau awal April 2014 telah terbit, barulah kita berusaha kembali melakukan sinkronisasi via aplikasi dapodikdas 2013 ketika ada perubahan terupdate dari data-data sekolah, seminimal mungkin dalam hal centang/cecklist bulan keaktifan PTK.

Jika memang sudah terlanjur, maka solusinya, kita harus kembali mengirimkan file BSD ke Operator SimTun Disdik Kabupaten/Kota untuk selanjutnya akan kembali menggantikan data hasil sinkronisasi via aplikasi Dapodikdas yang saat ini terdapat beberapa bagian yang tidak valid tersebut.

Demikian share info untuk sementara ini, mohon maaf apabila ada yang tidak berkenan, oleh karena itu kritik dan saran konstruktif sangat saya harapkan dari semua pihak demi kualitas pendataan Dikdas yang terus lebih baik ke depannya dan utamanya demi kebaikan kita semua. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "Setelah Data Dari BSD Valid Sebaiknya Tidak Melakukan Sinkronisasi Online Via Aplikasi Dapodikdas 2013, Kecuali Sesudah SKTP 2014 Triwulan I Terbit"

Post a Comment