Dunia Maya Dapat Berimplikasi Nyata, Lalu Apa Beda Antara Dunia Maya Dengan Dunia Nyata di Era Modern Ini…?

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Sudah kita ketahui bersama, bahwasanya di saat-saat sekarang ini, dunia maya atau lazim disebut dengan internet ataupun online telah mulai merambah ke berbagai lini kehidupan, tak terkecuali hingga sistem manajemen pendidikan dasar yang terbaru saat ini dengan aplikasi Dapodikdas 2013-nya. 

Sehingga, media internet / online menjadi sarana penting dalam proses pengiriman data dari Rekan-rekan Operator Sekolah se-Indonesia. 

Terkait dengan pengelolaan manajemen pendidikan ini berlaku nasional tanpa pandang bulu, meskipun sekolah berada di daerah terpencil dan terisolir sekalipun, harus tetap mengikuti aturan yang sama.

Oleh karena itu, menyikapi fenomena yang sebenarnya bukan "barang baru" ini, selayaknya segera mendapatkan perhatian lebih dari seluruh pihak terkait, baik dari Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota / Provinsi, Pemerintah Daerah setempat, serta Pemerintah Pusat pada umumnya, untuk segera bertindak proaktif dalam mempersiapkan seluruh potensi yang ada dengan sedini mungkin agar di masa-masa mendatang setiap sekolah tidak lagi kesulitan bukan hanya dalam proses online-nya saja, namun juga dalam proses pengerjaan data-datanya.

Beberapa hal yang ingin saya sampaikan dari berbagai kejadian nyata yang sudah saya temui di lapangan, bahwa idealnya dalam setiap sekolah perlu menambah 1 elemen PTK baru yang tentunya mendapatkan payung hukum, tiada lain, tiada bukan, 1 elemen PTK baru tersebut adalah Operator Sekolah. 

Dan tentunya, akan ada kriteria khusus terkait kompetensi untuk menjadi Operator Sekolah yang bukan hanya bertugas sebagai penginput data-data saja, namun juga sebagai media informasi-informasi penting dan terupdate terkait kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan kepada sekolah serta PTK-PTK lainnya.

Media internet saat ini memang belum dapat dikatakan murah, akan tetapi tidak dapat pula dikatakan mahal. Meskipun biaya akses internet dalam proses manajemen ataupun pelaporan data-data pendidikan masih efisien dan efektif dibandingkan dengan cara konvensional. Salah satu implikasi nyata saat ini dengan adanya informasi tentang penerbitan SKTP yang sumber datanya dari Dapodik sekolah masing-masing tidak terbit, maka hasil dari perbaikan dikirimkan kembali via internet, dan singkat cerita terbitlah SKTP itu.

Oleh karena itu, saya pribadi berkesimpulan bahwasannya perbedaan dunia maya di internet dengan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari kita, hanyalah pada caranya saja, namun implikasinya jelas sama, yakni dua-duanya serta akibat baik-buruknya akan kita temui di dunia nyata (karena kedua-duanya bukan mimpi).

Demikian sedikit opini dari saya selaku Admin blog sekaligus Operator Sekolah, ada kurang dan salahnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, adapun kritik sekaligus solusi perbaikan terhadap artikel ini sangat saya harapkan dari pihak manapun. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

0 Response to "Dunia Maya Dapat Berimplikasi Nyata, Lalu Apa Beda Antara Dunia Maya Dengan Dunia Nyata di Era Modern Ini…?"

Post a Comment