Sinkron Online Dapodikdas 2013 Tetap Harus Dilakukan Walaupun Sudah Kirim Backup STD Dari Aplikasi BSD. Benarkah...???

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi, lagi-lagi ini tentang pemahaman saya hingga saat ini, yakni akan adanya pertanyaan dari Rekan OPS, apakah setelah kita kirim file backup *.std dengan aplikasi Dapodikdas 2013 sudah dikirim melalui Aplikasi Backup Sinkron Dapodik ke Operator Tunjangan Disdik Kabupaten/Kota yang akan dilanjutkan ke P2TK Dikdas, kita tetap harus melakukan sinkronisasi online kembali melalui aplikasi Dapodikdas 2013…??? 

Berikut akan saya coba menjawab pertanyaan tersebut dengan uraian sebagai berikut :
1.   Aplikasi BSD sebagai alternatif bagi sekolah-sekolah yang belum berhasil melakukan sinkronisasi ke Server Dapodik. Hal ini dikarenakan sinkronisasi online maupun offline ke server Dapodik masih sangat sulit dilakukan. Dan karena data-data yang harus dikirim terkait tunjangan sudah menjelang deadline, maka P2TK sebagai pihak utama yang berkaitan dengan hal ini memberikan alternatif pengiriman data melalui aplikasi BSD.

2.    BSD hanya mencakup data-data yang diperlukan P2TK Dikdas untuk mengelola calon nominasi penerima Tunjangan. Artinya beberapa bagian terkait pendataan Dikdas dari sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2013 masih ada yang belum dapat diakomodir dengan menggunakan aplikasi BSD ini.

3.   Ada beberapa data yang mungkin saja belum dapat diakomodir dalam file…*.std atau data backup menggunakan aplikasi BSD di antaranya terkait Penerimaan Dana BOS, BSM, maupun Rehabilitasi Sekolah. Namun terkait aneka tunjangan saya kira sudah terakomodir semua berdasarkan data utama pada tab Sekolah, Rombel, Pembelajaran, dan PTK beserta data rinci maupun penugasannya.

4.   Kemungkinan besar akan ada versi terbaru dari seri aplikasi Dapodikdas 2013 V.2.0.7 untuk memperbaharui versi v.2.0.6 saat ini. Selain untuk mengatasi versi expired tentu saja untuk memperbaiki performa aplikasi pada versi 2.0.6 seperti pada versi-versi sebelumnya.

5.   Aplikasi Dapodikdas 2013 mengakomodir setiap perubahan data update sekolah, artinya ke depannya sinkronisasi terus dilakukan oleh operator sekolah apabila ada perubahan data real untuk kirim ke server Dapodik pusat.

Dari ke-5 uraian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan, apakah sekolah-sekolah yang sudah terakomodir dalam aplikasi Dapodikdas 2013 tetap harus melakukan sinkronisasi..?? Sebagai berikut :

1.   Bagi sekolah-sekolah yang telah sinkron data-datanya antara di aplikasi dan di progress pengiriman, cukup melakukan sinkronisasi minimal 1 (satu) kali dalam sebulan. Salah satunya pada data PTK yang terkait dengan bulan keaktifan PTK.

2.   Bagi sekolah yang belum berhasil melakukan sinkronisasi, otomatis tetap harus melakukan sinkronisasi online, namun deadline / batas akhir pengirimannya belum ditentukan, namun berdasarkan kebutuhan data dari pihak-pihak yang mengurusi BOS, BSM, maupun Rehab Sekolah.

3.   Dan bagi sekolah yang sudah berhasil melakukan sinkron di semester 2 (genap) dan data-datanya sudah sesuai antara di aplikasi dengan di server Dapodik pusat, sepertinya dapat beristirahat untuk bulan ini hingga bulan depan, sambil terus melihat informasi-informasi yang terus berkembang ini tentunya, tak terkecuali membantu PTK yang sudah ataupun dalam proses penerimaan aneka tunjangan guru / pendidik dalam mengecek pada lembar info PTK.

Jadi, walaupun kita sudah mengirim data backup dari aplikasi Dapodikdas 2013 dalam bentuk file yang berekstensi ..*.std menggunakan aplikasi BSD. Kita tetap harus melakukan sinkronisasi hingga berhasi melalui aplikasi Dapodikdas 2013. 

Oleh karena itu, tetap amankan database Anda Sahabat, baik yang sudah berhasil melakukan sinkronisasi, terlebih lagi yang belum sama sekali berhasil melakukan sync online via aplikasi Dapodikdas 2013.

Semoga saja patch v.2.0.7 kalau memang akan ada lagi nanti, benar-benar dapat semakin memudahkan kita semua seiring dengan semakin membaiknya server Dapodik pusat… Amiin… 

Cukup sekian dulu Rekan…, mohon maaf apabila analisa dan pemahaman saya ini kurang benar bahkan mungkin salah. Oleh karena itu, koreksi dan perbaikan dari semua pihak sangat saya harapkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

1 Response to "Sinkron Online Dapodikdas 2013 Tetap Harus Dilakukan Walaupun Sudah Kirim Backup STD Dari Aplikasi BSD. Benarkah...???"

  1. Trim mas dadang, atas infonya. hal ini sangat penting diketahui oleh OPS, agar tidak kebingungan dengan kebijakan2 terkait tunjangan.

    ReplyDelete