Cara / Solusi Mengatasi PTK Ganda di Progres Pengiriman Hasil Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas 2013 Dengan Server Dapodik

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menguraikan beberapa hal terkait dengan PTK ganda di server pengiriman aplikasi Dapodikdas. 

Artikel ini saya peruntukkan khusus untuk menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan dari Rekan-rekan OPS melalui komentar Facebook maupun Open ID pada artikel-artikel saya sebelumnya.

Kembali saya tegaskan, ini berdasarkan pemahaman saya sendiri sehingga masih ada kemungkinan juga masih ada kesalahan, untuk itu, saya mengharapkan adanya kritik maupun saran, dan mungkin ada alternatif efektif lainnya dari semua pihak, karena saya hanyalah operator sekolah Dikdas biasa seperti Rekan-rekan semuanya. 

Okelah Sahabat…, langsung saja ke pokok permasalahan tentang PTK ganda yang muncul dalam profil sekolah di progres pengiriman info pendataan Dapodik Ditjen Dikdas.

Salah satu penyebab adanya PTK ganda pada progres pengiriman tersebut saya akan coba uraikan sebagai berikut : Ketika dilihat pada tab PTK, khususnya bagi Rekan OPS yang baru mulai mengerjakan aplikasi pada versi 2.0.6 daftar PTK-nya kosong, langsung input dari awal, padahal sebenarnya daftar PTK tersebut sudah ada dalam aplikasi Dapodikdas 2013 (bawaan prefill) – untuk memunculkan daftar PTK seperti pada artikel saya sebelumnya. Hal ini otomatis akan menyebabkan data PTK tersebut ganda baik di aplikasi maupun di Progres Pengiriman.

Hal ini tentu saja akan mempengaruhi hasil sinkronisasi pada rincian PTK, misalnya pada salah satu data PTK yang seharusnya Jenis PTK-nya “Guru Kelas”, data PTK yang sama lainnya Jenis PTK-nya “Lainnya”, dan sebagainya.

Selanjutnya, bagaimana solusinya? Untuk mengatasi permasalahan di atas, pastikan dahulu bahwa data PTK tersebut tidak berganda lagi di aplikasi seperti yang telah saya uraikan pada artikel saya berikut

Setelah perubahan dilakukan hingga fix / data PTK tidak lagi berganda, lalu silahkan sinkronisasi online / offline kembali. Demikian share singkat tentang panduan singkat mengatasi PTK ganda ataupun pada jenis PTK-nya tidak sesuai pada progres pengiriman dari aplikasi Dapodikdas 2013, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

1 Komentar di "Cara / Solusi Mengatasi PTK Ganda di Progres Pengiriman Hasil Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas 2013 Dengan Server Dapodik"

  1. Gini Pak, kami adakan pengejekan progres pengiriman, tetpi kami tidak temukaan nama sekolah kami. Itu giman pak. mohon solusinya.

    ReplyDelete