Cara / Solusi Mengatasi Data Hasil Backup Aplikasi BSD Yang Kapasitas Filenya Kurang Dari 1 Kb

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Alhamdulillah… Dalam kesempatan kali ini, saya akan kembali bagikan tips dan triks bagi Rekan-rekan OPS yang kebetulan mengalami permasalahan berikut yakni kapasitas / ukuran file hasil backup dari aplikasi BSD yang kurang dari 1 Kb (hanya 1 kb). 

Cara ini saya dapatkan dari Rekan seperjuangan Sdr. Saipul Hendra yang kebetulan pada hari ini bersama-sama juga dengan Sdr. Haryoto dan Sdr. Hermansyah ST berembuk bersama khusus tentang hal ini.

Dan ternyata ini terjadi diakibatkan karena adanya kesalahan saat proses instalasi aplikasi BSD yang tidak benar, yakni saat proses instalasi aplikasi BSD, kita proses langsung dengan cara klik 2 x (dua kali) pada installer aplikasi BSD.

Biasanya ukuran file yang dapat dikirimkan melalui Simtun setidak-tidaknya lebih besar daripada ukuran file prefill aplikasi Dapodikdas 2013. Okey… Langsung saja saya uraikan bagaimana solusi mengatasi file hasil backup sinkron Dapodik yang kapasitasnya kurang dari 1 Kb, sebagai berikut :

1.   Tutup dahulu aplikasi BSD.

2.   Hapus/uninstall aplikasi BSD yang sudah ada, buka pada Star Menu – All Programs – P2TK Dikdas – Uninstall Aplikasi.

3.   Cek dahulu di “Program Files”, hapus folder “P2TK Dikdas” (jika masih ada).

4.   Install kembali aplikasi BSD dengan installer BSD dengan cara :

  • Ekstrak dulu file RAR installer BSD, klik kanan mouse, pilih "Ekstract Here"..

  • Pada installer BSD hasil ekstrak tadi, klik kanan mouse. lalu klik “Run as administrator”.

  • Pada saat proses instalasi aplikasi BSD, cecklist “Create a desktop icon", kemudian klik "Next”. 

  • Tunggu sejenak hingga proses instalasi aplikasi BSD selesai, lalu klik “Finish”.

5.   Buka kembali aplikasi Backup Sinkron Dapodik, coba lakukan "Backup" kembali.

6.   Cek file hasil backup dari aplikasi BSD, pastikan ukuran file yang berekstensi *. Std Anda lebih dari 1 Kb (setidak-tidaknya ukuran file harus lebih besar dari ukuran prefill Dapodikdas awal).

7.   Selesai.

CARA MENGATASI GAGAL MELAKUKAN KONEKSI DATABASE SAAT BACKUP BSD & PANDUAN MENGEMBALIKAN VERSI APLIKASI DAPODIKDAS V.2.0.7 KE V.2.0.6

Alhamdulillah… Saat ini sudah ada petunjuk dari Mas Adam yang dapat Rekan-rekan OPS Dikdas lakukan untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi pada aplikasi BSD yang tidak dapat digunakan untuk backup data dari aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 atau mungkin juga bisa digunakan pada v.2.0.6 yang muncul keterangan “Gagal melakukan koneksi database” saat proses backup menggunakan aplikasi BSD.

Namun tulisan berikut ini hanya dapat dipraktekkan untuk merubah versi dari 207 ke versi 206. Tidak dianjurkan untuk keperluan yang lainnya.

Tulisan ini dibuat dikarenakan banyak yang mengeluhkan tidak dapat melakukan backup data melalui Aplikasi BSD di v. 2.0.7. Itu dikarenakan BSD yang saat ini beredar hanya bisa berjalan di versi 2.0.6 dan Aplikasi BSD untuk Dapodikdas versi 2.0.7 belum release. Langkah ini dapat dilakukan sampai aplikasi BSD untuk versi 207 release.

Caranya adalah sebagai berikut :

1.   Untuk mengembalikan versinya dari 207 ke 206 yang dibutuhkan adalah dua file hasil perbaikan dari install.ini dan pg_hba.conf (ke-2 file tersebut, unduh di sini).

2.   Buka windows explorer, lalu menuju C:\Program Files\Dapodikdas\config, di sana akan ditemukan file dengan nama install.ini. Paste-kan data install.ini hasil unduh  lalu pilih “copy and replace”.

3.   Install patch v.2.0.6 (file patch v.2.0.6 dapat diunduh di sini).

4.   Buka windows explorer, copy file pg_hba.conf hasil unduh, lalu paste-kan ke C:\Program Files\Dapodikdas\database pilih “copy and replace”.

5.   Jika tidak melakukan langkah 4 ini maka kita tidak akan dapat melakukan backup BSD, dan akan muncul keterangan "Gagal melakukan koneksi database" jadi pastikan langkah ini tidak terlewat.

6.   Mundurkan tanggal di komputer ke 30 Maret 2014.

7.   Buka aplikasi Dapodikdas. sebelum login refresh browser dengan tekan Ctrl+F5. Setelah login maka kita akan mendapati versi aplikasi kembali ke v.2.0.6, dan kita dapat melakukan backup kembali dengan aplikasi BSD.

Referensi file, gambar & artikel : 
Catatan Dapodikdas - http://adamdapodikdas.blogspot.com

Artikel Terkait:

18 Komentar di "Cara / Solusi Mengatasi Data Hasil Backup Aplikasi BSD Yang Kapasitas Filenya Kurang Dari 1 Kb"

  1. Assalamualaikum wr wb. kalau hasil BackUP Nya pas 1 KB gimana ? apa mesti lebih dari 1 KB ?????

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumussalam warahmatullaahi wabarakaatuh... Benar, harus lebih dari 1 kb Pak Agus. Terimakasih...

    ReplyDelete
  3. berhasil, trim's solusinya pak dadang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah... Sama-sama Pak Yudi...

      Delete
  4. gagal melakukan koneksi database, solusinya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek pada services (local)-nya - pastikan 2 file dapodikdas-nya kondisi "Started". Uninstall dan install ulang aplikasi BSD dengan klik "Run as administrator". Terimakasih...

      Delete
  5. tetap saja pak kami gagal koneksi database

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan konfirmasi pada Rekan OPS terdekat yang kebetulan sudah berhasil Pak, terimakasih...

      Delete
  6. kenapa ya stelah kirim hasil backup 59,5kb lewat email di bsdhelper saya dapat balasan data yang saya kirim cuman 1kb.. ne gmana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung kirim via komputer / laptop secara online...

      Delete
  7. Terima kasih banyak informasinya dan pertunjukan pak, sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah... terimakasih Bu...

      Delete
  8. mas kalo data bsd masih ada yang belum valid apakah bisa diperbaiki ? karena dinas pendidikan kota kami tidak mau mengirim bsd lagi sejak 14 april lalu? bagaimana solusinya, data sudah sy perbaiki versi 2.06 tapi belum tak backup bsd lagi sejak pengiriman pertama. mohon pencererahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikirim langsung via aplikasi BSD 2.07 hingga akhir bulan Mei 2014 Bu...

      Delete
  9. dah di coba cara diatas dengan cermat tapi tetap tidak bisa, saya pake win 7 64 bit, dah di coba di 32 bit masih ga bisa, install ulang dapodik tetap ga bisa. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba install kembali dengan unduh file installernya dari lembar LTD 2014 bagian bawah Pak...

      Delete
  10. terimakasih Pak atas infonya. sangat berguna.
    dan akhirnya saya berhasil juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... saya ikut senang juga Pak Haris...

      Delete