Team Viewer Untuk Mengendalikan Laptop / Komputer PC Jarak Jauh Via Internet – Solusi Membantu Permasalahan Seputar Aplikasi Dapodikdas Rekan OPS Lainnya

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam kemajuan TIK yang sedemikian pesat ini, jarak dan waktu seakan tak menjadi permasalahan lagi, asalkan sumber daya manusia mendukung, begitu juga dengan sarana ataupun fasilitasnya.

Tak terkecuali dalam penanganan seputar permasalahan aplikasi Dapodikdas 2013 yang mana ditemui pada seorang Rekan OPS kita mungkin yang sedang mengalami berbagai permasalahan baik dari proses instalasi aplikasi, update versi aplikasi, hingga proses sinkronisasi, dan lain sebagainya.

Setelah usaha online dilakukan (browsing informasi dalam mencari solusi via internet) oleh Rekan OPS kita tersebut, ternyata tidak dapat mengatasi permasalahannya, komunikasi via SMS telepon pun tetap nihil, solusi terakhir dan terefektif adalah menggunakan fasilitas aplikasi tambahan yang akan dapat mengendalikan laptop / komputer PC Rekan tersebut, dengan kata lain seluruh aktivitas pada komputer langsung dikendalikan oleh kita dari jarak jauh untuk mencoba membantu mengatasi / menyelesaikan masalah Rekan kita yang kebetulan mengalami beberapa masalah terkait aplikasi Dapodikdas 2013 ini.

Kemudian untuk menerapkan metode di atas, tentu diperlukan aplikasi baru yang harus diinstall dahulu pada masing-masing sistem komputernya, setelah keduanya terinstall aplikasi sekaligus telah saling terkoneksi, maka Rekan OPS yang kebetulan mengalami permasalahan tersebut cukup melihat saja proses problem solving / mengatasi masalahnya tersebut, ia cukup melihat saja tanpa sedikitpun harus menyentuh laptop/PC-nya karena navigasi seluruh komputer tersebut telah diambil alih sementara oleh kita ataupun seseorang/beberapa orang lainnya dari jarak jauh, yang tentunya sudah diizinkan sebelumnya.

Dan salah satu aplikasi yang sangat mudah diterapkan adalah Teamviever, saya telah mencoba aplikasi ini untuk menyelesaikan beberapa permasalahan seorang Rekan OPS yang kebetulan jaraknya jauh dari tempat saya berada, namun cara ini termasuk jurus pamungkas apabila solusi-solusi yang coba saya share ternyata tidak membuahkan hasil, yang disebabkan adanya kesalahpahaman dan kesalahan teknis oleh Rekan saya tersebut.

Berikut panduan singkat penggunaan TeamViewer. Setelah aplikasi TeamViewer terinstall sempurna pada ke dua komputer, selanjutnya dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :


1.      Aktifkan TeamViewer.
2.      Klik tab Remote Control.
3.      Mintalah Rekan Anda untuk memulai TeamViewer yang jauh berada.
4.      Mintalah pasangan ID dan password TeamViewer dari pasangan Anda.
5.      Masukkan ID pasangan Anda di kotak combo ID Partner.
6.      Klik tombol opsi Remote control.
7.      Klik tombol “Connect to partner”.
 Kotak dialog TeamViewer Authentication akan terbuka.
8.      Masukkan password komputer remote.
9.      Klik Log On.
10.    Anda sekarang terhubung ke komputer pasangan Anda.

Setelah itu Anda sudah siap melakukan navigasi apapun pada laptop / PC, layaknya berada di depan komputer Rekan yang sedang mengalami permasalahan tersebut. Untuk download aplikasi TeamViewer beserta petunjuk-petunjuk lengkapnya, silahkan kunjungi situs resminya di links ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan terimakasih… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Team Viewer Untuk Mengendalikan Laptop / Komputer PC Jarak Jauh Via Internet – Solusi Membantu Permasalahan Seputar Aplikasi Dapodikdas Rekan OPS Lainnya"

  1. kang dadang maaf sya ada masalah, ketika saya install patch 205 dan masuk ke tabel, tapi bgitu tabel di klik tidak terbuka. Nah solusinya gimana? makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diclear web browser-nya Sob..., dan lebih baik lagi, pastikan versi web browser yang terupdate... Sering-sering juga klik refresh (F5) pada setiap pergantian sesi / pindah tab pada aplikasi Dapodikdas-nya. Semoga membantu...

      Delete