Solusi / Cara Mengatasi Absensi Peserta Didik Aplikasi Dapodik Tidak Dapat Dibuka Dalam Microsoft Excel

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Kembali saya share pengalaman pribadi terkait aplikasi Dapodikdas 2013, mungkin ada beberapa dari Rekan-rekan OPS ada yang mengalami permasalahan seperti saya, yakni file unduhan absensi peserta didik setelah berhasil diunduh tetapi tidak dapat tampil dalam Microsoft Excel.

Ternyata penyebab dari masalah ini bukanlah karena corrupt pada file hasil export / unduhan, dan bukan juga karena “Excelnya”, namun disebabkan karena adanya penamaan pada dua Rombel dalam daftar Rombongan Belajar aplikasi Dapodikdas 2013. 

Misalnya, pada kelas 7 terdapat 2 nama Rombel sudah ada Kelas 7 A, secara tak sengaja kita membuat Rombel baru dengan nama Kelas 7 A juga, maka jumlah nama Rombel “Kelas 7 A” berganda walaupun dengan kelas / wali kelas yang berbeda, atau mungkin kelas 9 yang ganda seperti gambar di bawah :


Oleh karena kesalahan, e maaf… kekhilafan kita tersebut menyebabkan sheet dalam “Excel” nantinya tidak akan tampil karena adanya masalah, yaitu dengan adanya 2 sheet dengan nama yang sama persis (Kelas 7 A atau Kelas 9 yang ganda), biasanya akan muncul keterangan “Problems during load” di “Excel”, seperti pada gambar berikut :


Oleh karena itu solusi dalam mengatasi file hasil unduh Absensi Peserta Didik agar dapat dibuka / tampil kembali melalui program Excel ini cukup mudah, yakni :
  • Klik Rombongan Belajar
  • Edit Nama Rombel yang ganda tersebut, dan pastikan tidak ada “Nama Rombel” yang sama lagi dalam daftar / tabel Rombongan Belajar aplikasi Dapodikdas 2013 tersebut.
  • Unduh kembali Absensi Peserta Didik, lalu buka dalam file Excel

Demikian share singkat saya kali ini tentang solusi absensi peserta didik yang dapat diunduh dari aplikasi dapodikdas 2013 namun tidak dapat buka pada Excel. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Solusi / Cara Mengatasi Absensi Peserta Didik Aplikasi Dapodik Tidak Dapat Dibuka Dalam Microsoft Excel"

  1. MOHON PENJELASAN; SAYA SUDAH SINC MELALUI PACH 207, SETELAH SELESAI SINC, TERNYATA ADA DATA ROMBEL GANDA TURUNAN, SETELAH SAYA PERBAIKI, TETAP MUNCUL TULISAN DATA ROMBEL GANDA TURUNAN, MOHON SOLUSINYA.

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak, sudah saya coba dan berhasil

    ReplyDelete