Penyebab PTK / Peserta Didik Menjadi Ganda di Progres Pengiriman Setelah Sinkronisasi V.2.0.5 Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini, saya bersama Bang Pung ingin share tentang penyebab PTK / Peserta Didik menjadi berganda setelah sinkronisasi melalui v.2.0.5 dilakukan, dan sekaligus mohon kepada Rekan-rekan OPS lainnya untuk berkenan berbagi tips sebagai solusi bagi permasalahan ini, yakni tentang bagaimana solusi mengatasi PTK berganda pada progres pengiriman di server pusat.

Untuk masalah ini, kebetulan saya memang belum pernah mengalaminya. Namun ada salah satu Rekan OPS yang mengalami permasalahan PTK berganda pada aplikasi Dapodikdas 2013. 

Dan perkiraan saya bersama dengan Bang Pung malam hari ini, hal ini berlaku pula untuk Peserta Didik yang berganda pada aplikasi Dapodikdas yang mana ada beberapa Peserta Didik yang bertambah, dalam arti ada beberapa nama maupun data yang sama pada progres pengiriman berhasil.

Berdasarkan pengetahuan saya hingga saat ini, hal-hal yang  dapat menyebabkan PTK berganda pada progress pengiriman aplikasi dapodikdas 2013 setelah proses sinkronisasi adalah :

1.     Salah satu atau beberapa PTK pernah dihapus langsung pada tabel utama PTK aplikasi Dapodikdas tanpa dipindahkan ataupun di-“Registrasikan” terlebih dahulu ke “PTK Keluar” aplikasi Dapodikdas 2013 (pada v.2.0.4).

2.     Setelah update dari v.2.0.4 ke v.2.0.5, PTK pada tabel utama PTK, hilang. Selanjutnya tidak direcovery data PTK hilang setelah update v.2.0.5, melainkan langsung diinputkan kembali PTK yang hilang tersebut melalui penambahan PTK baru.

3.     Adanya kesalahan teknis saat memindahkan database aplikasi Dapodikdas 2013 dari laptop/PC satu ke laptop/PC lainnya.

Analisa saya bersama Bang Pung pada malam hari ini terhadap permasalahan adanya PTK / PD yang ganda pada progres pengiriman di atas muncul dikarenakan saat kita menghapus salah satu data pada aplikasi Dapodikdas 2013, data terhapus tersebut mungkin masih tersembunyi / tersimpan dalam system ataupun struktur program database aplikasi, walaupun  data pada aplikasi Dapodikdas 2013 khususnya data PTK maupun Peserta Didik pada aplikasi Dapodikdas 2013 sudah tidak ada pada tabel utama PTK / PD.

Dan bagi beberapa Rekan OPS yang saya temukan di sini yang tidak pernah melakukan 3 hal yang dapat menyebabkan data PTK / PD berganda di atas, saat dicek pada data hasil sinkronisasi pada server Dapodikdas / progres pengiriman benar-benar sesuai dengan data-data yang ada pada aplikasi Dapodikdas 2013-nya di komputernya masing-masing (jumlah PTK dan PD tetap / tidak berubah).

Namun berbeda dengan salah satu Rekan OPS saya yang saat ini masih mengalami permasalahan PTK berganda kali ini, yakni pernah melakukan input kembali data PTK setelah update versi aplikasi dari v.2.0.4 ke v.2.0.5 berhasil ternyata PTK yang sudah diinput pada v.2.0.4 hilang semua, dan ditandai dengan adanya “Kepsek Belum dipilih. Dan poin bercetak tebal tersebut saya bersama Bang Pung menganalisis bahwa hal itulah yang menyebabkan data pada hasil sinkronisasi di progres pengiriman menjadi ganda. Ganda karena data PTK yang baru diinput tersebut dengan data PTK yang sudah pernah diinput sebelumnya pada v.2.0.4 (walaupun tidak tampil pada tabel utama), keseluruhannya tersinkronisasi dengan server.

Hal inilah yang saya perkirakan sebagai penggandaan data, satu sisi menjadi dilema, ketika untuk mengatasi PTK yang ganda dengan menghapus salah satu data PTK, artinya PTK tersebut akan hilang, pertanyaan barunya, bagaimana cara menampilkan PTK yang satunya itu…? Apalagi data PTK ini ada kemungkinan perlu kita edit kembali nantinya.

Oleh karena itu, bagi Rekan-rekan OPS lain yang kebetulan pernah mengalami permasalahan ini, serta memiliki tips / solusi efektif untuk mengatasi permasalahan PTK / PD ganda setelah sync ini, mohon berkenan share pada komentar artikel ini. Demikian share singkat ini, semoga bermanfaat, dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

6 Komentar di "Penyebab PTK / Peserta Didik Menjadi Ganda di Progres Pengiriman Setelah Sinkronisasi V.2.0.5 Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014"

  1. ya pak saya mengalami yg sama setelah instal path v.05 ptk Hilang sehingga sy menginput kembali data PTK dan Akhirnya sat sy synkron PTK menjadi Berganda gimana ya cara ....karena data tersebut sudah tersimpan di server..... Minta solusi tuk masalh ini.. Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya juga mengalami masalah yang sama...saya kirim email tentang permasalahan dan dikirim ke server dapodik....hasilnya saya dikirimi prefill yang baru , sinkron dan ...berhasil...!

      Delete
    2. bisa diinfokan gan caranya? saya juga masalah seperti di atas?

      Delete
    3. Saya juga mengalami hal yang sama temen2..Persis seperti dugaan bang dadang..saya melakukan satu dari 2 dugaan bang dadang...mohon solusinya..trims.

      Delete
  2. Terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat bagi saya selaku OPS. namun saya masih ada permasalahan sampai saat ini belum juga teratasi walaupun sudah keluar Pacth 2.5. yaitu masalah Nomor Surat Penugasan yang melebihi 20 karakter masih belum bisa dimasukkan hanya dibatasi 20 karakter, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  3. jadi blm ada jawaban dong,,mau g mana ni????

    ReplyDelete