Berhasil Sync Bukan Tujuan Akhir - Hasil Pertemuan Seluruh Operator Sekolah Se-Kecamatan VII Koto Ilir Kabupaten Tebo

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Alhamdulillah…, pada hari ini acara koordinasi seluruh OPS di lingkungan kecamatan VII Koto Ilir Kabupaten Tebo berjalan dengan lancar. 

Melalui artikel ini, saya pribadi beserta Rekan-rekan OPS se-kecamatan VII Koto Ilir mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Juli Asril, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMPN 16 Kabupaten Tebo yang telah menyediakan tempat untuk penyelenggaraan acara ini. 

Ucapan terimakasih juga kepada Bapak M. Amin, S.Kom yang telah bersedia share info seputar TIK di Lab. Komputer SMPN 16 Tebo serta telah membantu Rekan-rekan OPS hingga pukul 14.00 pada hari ini.


Pertemuan bersama seluruh Operator di lingkungan kecamatan VII Koto Ilir ini merupakan hasil Rapat bersama dengan seluruh Kepala SD dan SMP di kantor UPTD yang dipimpin langsung oleh Ka. UPTD  Dikbudpora Kec. VII Koto Ilir, Bpk. Supriadi, S.Pd beserta Ketua MKKS Kec. VII Koto Ilir Bpk. M. Said, S.Pd minggu lalu, selain itu didasari juga karena adanya progres pengiriman dari dari 15 sekolah di Kec. VII Koto Ilir yang sudah sync pada aplikasi Dapodikdas 2013 hingga hari ini baru 6 sekolah.

Oleh karena itu, tujuan utama dari penyelenggaraan acara ini secara umum tentunya adalah untuk sharing pengalaman dan pemahaman antara Operator Dapodikdas 2013 di lingkungan kecamatan VI Koto Ilir agar dapat meminimalisir masing-masing kesalahan yang tentunya tidak diinginkan nantinya.

Berikut hal-hal penting yang saya rangkum dari pertemuan bersama Rekan-rekan OPS hari ini:

1.   Kegagalan proses registrasi pada aplikasi Dapodikdas 2013 sering terjadi dikarenakan kapasitas prefill (*.prf) = 1 kb. Alhamdulillah untuk masalah ini dari 15 sekolah yang ada, keseluruhan prefill sudah dapat digunakan.

2.   Username dan Password untuk login ke aplikasi Dapodikdas 2013 benar-benar harus diingat oleh masing-masing Operator Sekolah.

3.   Adanya kerjasama yang baik antara seluruh elemen sekolah demi hasil pendataan yang berkualitas, baik dari Kepala Sekolah, PTK, Siswa, Orang Tua / Wali, serta Operator Sekolah sangat diperlukan.

4.   Berhasil sync bukan tujuan akhir karena di sana masih ada hal-hal penting yang harus dipastikan dahulu kesamaan data dengan fakta, mulai dari Pembelajaran itu menentukan terbit atau tidaknya SK Tunjangan Sertifikasi 2014, jumlah siswa menentukan penerimaan Dana BOS nantinya, Sarana Prasarana, dan bagian-bagian data lainnya akan menentukan kebijakan penting terkait.

5.   Pada v.2.0.5 aplikasi Dapodikdas 2013 untuk SD, kolom isian No. Peserta UN sudah ditiadakan.

6.   Sebelum sync dilakukan, alangkah baiknya dikoordinasikan dahulu dengan Kepala Sekolah, serta PTK lainnya untuk cek ulang kebenaran dan kevalidan data dengan cetak profil sekolah melalui “Unduh Profil Sekolah” pada beranda aplikasi.

7.   Pastikan checklist bulan keaktifan dari seluruh PTK aktif hingga bulan terakhir bersamaan dengan proses sinkronisasi.

8.   Berkaca dari masih adanya beberapa guru yang seharusnya telah terbit SKTP-nya namun menjadi terkendala bukan karena gagal kirim data Dapodik 2012 ke server pusat, melainkan karena adanya kesalahan-kesalahan dalam input jam pembelajaran pada aplikasi, oleh karena itu sync penting sepenting kualitas datanya pula.

9.   Seluruh Operator Sekolah diharapkan dapat menguasai proses backup dan restore, untuk menghindari input data dari awal yang disebabkan adanya kerusakan / kehilangan komputer ataupun aplikasi.

10. Dan lain sebagainya.

Demikian share singkat dari kegiatan saya bersama Rekan-rekan OPS Kec. VII Koto Ilir pada hari ini (Sabtu, 18 Januari 2014). Semoga bermanfaat bagi kita semua dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Berhasil Sync Bukan Tujuan Akhir - Hasil Pertemuan Seluruh Operator Sekolah Se-Kecamatan VII Koto Ilir Kabupaten Tebo"

Post a Comment