Apa dan Bagaimana Proses Backup, Restore / Recovery Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Apa itu backup data?, bagaimana cara backup data?, apa tujuan backup data? lalu apa itu restore data?, bagaimana cara restore data?, dan apa tujuan restore data itu?, kemudian mungkin ada lagi pertanyaan apa perbedaan antara restore data dengan recovery data itu? serta berbagai pertanyaan lain seputar backup lokal, restore / recovery data khususnya dalam aplikasi Dapodikdas 2013 ini.

Apa itu backup data?

Backup data adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data dari dan pada komputer atau media penyimpan lain, sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan data-data tersebut.

Bagi Rekan-rekan OPS yang kebetulan pada tahun pelajaran 2012/2013 bertugas mengerjakan proses input data pada Aplikasi Pendataan Pendididikan 2012 / Aplikasi Dapodik 2012 tentu tak asing lagi dengan pengertian backup data, karena pada halaman utama / beranda pada aplikasi Dapodik 2012 yang lalu terdapat fasilitas backup lokal dengan cara yang sangat praktis yakni cukup klik tombol "Backup Lokal" pada aplikasi, sesaat kemudian database siap diamankan dan cara merecovery data pun cukup dengan menekan tombol "Restore".


Akan tetapi, berbeda halnya pada aplikasi Dapodikdas 2013 yang pada beranda aplikasi memang tidak ditambahkan fitur tersebut langsung pada aplikasi tapi nantinya yang digunakan adalah fasilitas “Generate Prefill” sebagai database / backup data dari setiap proses sinkronisasi data aplikasi Dapodikdas 2013 yang telah berhasil dilakukan pada server Dapodik Ditjen Dikdas.


Fungsi dan Kegunaan Backup data

File-file backup data inilah yang selanjutnya akan dapat kita gunakan sebagai bahan untuk mengembalikan data pada waktu ataupun komputer lain dengan hasil data yang sama dengan data awal pada komputer sebelumnya, karena tujuan utama dari backup data itu sendiri adalah untuk mengembalikan data, apabila data pada komputer tersebut mengalami kerusakan (corrupt) maupun hilang serta mengembalikan data ke titik tertentu (data terakhir pada saat data dibackup).

Cara / Proses Backup Aplikasi Dapodikdas 2013

Sebenarnya, proses backup data ini sangat mudah dilakukan, sama halnya kita mengamankan sebuah file pada flash disk maupun media penyimpanan lainnya, yakni cukup dengan menggandakan elemen-elemen data dari aplikasi Dapodikdas 2013 yang aktif tersebut ke drive “D” atau ke media penyimpanan lainnya seperti flash disc ataupun kepingan CD / DVD, sebagai berikut :

1.   Logout dari aplikasi Dapodikdas
2.   Copy paste folder “Dapodikdas” dari “Program Files” di drive dimana aplikasi Dapodikdas 2013 terinstal (biasanya berada pada drive “C”) ke drive lain (biasanya drive “D”) ataupun ke flash disc.
3.   Khusus proses backup ke kepingan CD / DVD, silahkan di”rar” terlebih dahulu folder Dapodikdas-nya, baru diburning.

Dan Copy paste folder “Dapodikdas” inilah yang disebut dengan backup aplikasi Dapodikdas 2013

Restore / Recovery Data Aplikasi Dapodikdas 2013

Menurut pemahaman saya pribadi, antara Restore dan Recovery ini secara bahasa memang berbeda arti, Restore data berarti mengembalikan data, sedangkan Recovery data berarti pemulihan data, namun antara restore dan recovery data ini tujuannya sama yakni proses mengembalikan data (restore) untuk mendapatkan tampilan yang sama dengan titik terakhir saat backup, jadi data tersebut berhasil pulih seperti tampilan aslinya, dan proses ini dapat disebut juga dengan proses recovery data.

Proses restore / recovery data itu sendiri pada aplikasi Dapodikdas 2013 dapat juga dilakukan dengan cara “Regenerate Prefill”, kemudian download “Prefill”, selanjutnya prefill baru inilah yang akan menjadi database termutakhir kita, caranya :

2.   Klik “Generate Prefill”, lalu tunggu prosesnya
3.   Download prefill baru dengan kode registrasi sekolah, di links ini
4.   Selanjuntya, prefill ditempatkan di folder baru “prefill_dapodik” pada laptop / PC lain, kemudian baru di instalasi sekaligus registrasi ulang pada aplikasi Dapodikdas 2013 seperti biasanya.

Namun, sebelum proses “Regenerate Prefill” ini dapat dilakukan, cara untuk restore / recovery data-data pada aplikasi Dapodikdas 2013 pada saat ini, dan tentunya berdasarkan  pengalaman pribadi tetap sama seperti pada artikel saya sebelumnya. 

DAN YANG TETAP MENJADI YANG TERPENTING HINGGA SAAT INI ADALAH SECARA PERIODIK TERTENTU, KHUSUSNYA SETELAH PROSES ENTRY / PEMETAAN DATA TERAKHIR PADA APLIKASI DAPODIKDAS 2013, KITA HARUS BACKUP 1 FOLDER "DAPODIKDAS" SEBAGAI PENUTUP PADA SETIAP AKTIVITAS KERJA, asal sudah ada backup / salinan / cadangan file Dapodikdas ini, insya Allah semua permasalahan bisa diatasi (TANPA INPUT DATA DARI AWAL LAGI). 

Demikian dahulu Teman-teman, semoga bermanfaat bagi kita semua dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Apa dan Bagaimana Proses Backup, Restore / Recovery Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014"

Post a Comment