Tips / Cara Menjaga Kesehatan Saat Kerja Lembur Malam Hari – Begadang di Depan Monitor Komputer Laptop / PC

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Sebagai OPS, aktivitas lembur di malam hari sungguh tak asing lagi, namun kesehatan jangan pula disepelekan, karena kesehatan sangat berhubungan dengan keadaan yang seimbang antara istirahat dengan porsi aktifitas yang kita lakukan, kondisi fisik saat beraktivitas di malam hari harus selalu mendapat perhatian ekstra. 

Apalagi bagi sebagian OPS yang juga mengajar di kelas esok harinya. berikut saya coba berbagi tips agar kondisi kesehatan kita tetap prima dan terjaga walaupun aktivitas kerja lembur sering kita lakukan, sebagai berikut :

1. Atur kecerahan dan kontras warna pada monitor laptop PC

Untuk menghindari efek radiasi yang lama-kelamaan akan dapat membahayakan bagi mata, selain menggunakan kaca mata / pelapis monitor sebagai penahan radiasi untuk mengurangi resiko dampak buruk dari radiasi dari layar monitor komputer yakni dengan mengurangi kecerahan maupun kontras pada pengaturan monitor laptop / PC Anda.

2. Sering-seringlah berkedip

Mata yang cenderung jarang berkedip dikarenakan kurangnya rileks yakni terlalu kurang berkedip, tapi jangan terlalu cepat kedipnya, gak siap nanti kerjaanya.. hehehe…

3. Minum air putih diperbanyak

Untuk meningkatkan daya imunitas / kekebalan tubuh serta menambah daya tahan tubuh sehingga tidak mudah lelah, lebih memperbanyak minum air putih mineral merupakan solusinya, sekaligus menghindari dehidrasi.

4. Kurangi makanan berminyak serta berlemak

Jenis makanan berminyak serta berlemak cenderung lebih lama diproses dalam pencernaan kita, sehingga cepat lelah pun sering kita rasakan setelah mengkonsumsinya. Makanan berminyak juga meningkatkan kalori dan kolesterol yang merugikan tubuh.

5. Jangan duduk dalam posisi yang sama terlalu lama

Lakukan beberapa hal yang kiranya akan dapat mengurangi kekakuan otot bahkan nyeri, pegal, linu pada punggung, maupun jari-jari kita, misalnya, tiap 30 menit kita beranjak dari tempat duduk kerja, lalu berdiri dan lakukan gerakan senam ringan.

6. Makanan ringan yang bernutrisi

Sambil bekerja, Anda dapat menikmati beberapa makanan ringan / cemilan, dan usahakan memilih jenis cemilan yang sehat sekaligus menyehatkan.

7. Kontrol konsumsi gula

Biasanya kerja malam hari mendorong seseorang ingin minum sesuatu yang manis dan hangat. Sebaiknya Anda jauhi kebiasaan ini agar terhindar dari risiko diabetes.

8. Hindari mengonsumsi minuman energi atau minuman bersoda

Biasanya kedua minuman tersebut memiliki kadar gula dan kafein yang tinggi. Ganti minuman alternatif yang berbahan herbal.

9. Tidur siang yang cukup

Lakukan tidur siang ketika tidak bekerja. Tidur siang akan menggantikan kebutuhan jam tidur Anda yang hilang.

10. Sekali-kali ke luar ruangan

Untuk refresh / kesegaran badan dan pikiran Anda, sekali-kali luangkan waktu di sela-sela pekerjaan tersebut untuk menikmati pemandangan malam di luar rumah sejenak. Nikmati pemandangan langit di atas sana, dapatkan inspirasi dari aktivitas ini, lalu aktivitas ini akan dapat menyegarkan pikiran ataupun menambah vitalitas / stamina tubuh.

Demikian tips untuk menjaga kesehatan saat kita sering bekerja lembur hingga larut malam bagi Rekan-rekan OPS semuanya, semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Cara Menjaga Kesehatan Saat Kerja Lembur Malam Hari – Begadang di Depan Monitor Komputer Laptop / PC"

Post a Comment