Tips Aman Sinkronisasi V.2.0.4 Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Sahabat-sahabat OPS semuanya, mengingat adanya kejadian yang dialami oleh sebagian Rekan OPS, yaitu harus mengulang proses entry ataupun pemetaan data-data Dikdas sekolahnya dalam aplikasi Dapodikdas 2013 dari awal lagi setelah sync dilakukan, dan kebetulan sebelumnya lupa tidak backup Dapodikdas dahulu.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, saya kembali share tentang cara paling aman sinkronisasi online Dapodikdas 2013. 

Tips aman yang saya maksudkan di sini adalah usaha mengamankan seluruh data-data yang telah diinput dalam aplikasi Dapodikdas 2013 sebelumnya untuk jaga-jaga / upaya preventif untuk menghindari proses input data dari awal lagi setelah proses sync kita lakukan.

Berikut tips aman sinkronisasi online v.2.0.4 aplikasi Dapodikdas 2013 :

1.   Backup "Dapodikdas" dahulu.
2.   Sediakan laptop/PC yang lain.
3.   Install aplikasi Dapodikdas 2013 pada laptop/PC baru tersebut, lalu uji keberhasilan backup dari laptop/PC sebelumnya.
4.   Sync / sinkronisasi online via aplikasi Dapodikdas v.2.0.4 di laptop/PC baru yang sudah dapat menampilkan sama persis (backup berhasil) dengan aplikasi Dapodikdas 2013 pada laptop/PC lama.
5.   Analisis kegagalan dan keberhasilan sync pada aplikasi.

Keuntungan :

1.   Mendapatkan kepastian tentang keberhasilan backup Dapodikdas oleh kita sendiri.
2.   Data Dapodikdas yang sudah kita input tetap aman di laptop/PC lama.
3.   Koreksi dan perbaikan data akan semakin optimal.

Untuk sementara, sampai di sini dahulu share saya malam ini, dan perkenankan saya mengingatkan diri saya sendiri serta Rekan-rekan OPS semuanya, hendaknya segala aktivitas kita dalam seluruh rangkaian kegiatan kita ini diawali dengan Bismillah dan akhiri dengan Alhamdulillah bagi saudara/i yang beragama Islam ataupun berdo’a berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing, insya Allah segala aktivitas kita akan dapat bernilai ibadah dan berkah nantinya… amiin… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips Aman Sinkronisasi V.2.0.4 Dapodikdas 2013"

Post a Comment