Solusi / Cara Mengatasi Tampilan Display Layar Monitor Komputer Melebar / Memanjang Setelah Instalasi OS Baru

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Mungkin di antara Rekan-rekan OPS ada yang mengalami tampilan aplikasi Dapodikdas 2013 yang kelihatan melebar / memanjang? 

Sehingga dirasa perlu merubah bagaimana agar tampilan aplikasi Dapodikdas 2013 kembali normal, hal ini sering terjadi pada monitor komputer Rekan-rekan yang baru saja install OS baru, misalnya menganti OS dari Windows XP ke OS baru Windows 7.

Berikut saya share tips singkat bagaimana caranya merubah tampilan monitor komputer desktop yang tidak fix / tidak sesuai, dan biasanya tampilan awal-nya seperti berikut ini, ikon maupun seluruh teks pada seluruh bagian komputer terlihat memanjang atau tampilan layar kelihatan melebar, sehingga untuk melihat gambar / aplikasi-aplikasi lainnya, kita akan mendapati sesuatu yang berbeda dengan aslinya, dikarenakan tampilan monitor melebar, gambar pun kelihatan memanjang, perbandingan ataupun skalanya otomatis tidak sama bukan?

Tampilan yang tidak enak dilihat oleh mata ini juga sering terjadi setelah proses instalasi operating system (OS) baru pada komputer, oleh karena itu langsung saja, untuk mengatur layar monitor agar dapat fix, enak dilihat, aplikasi-aplikasi pun akan tampil normal ukurannya dalam monitor laptop / PC kita, dengan kata lain, tampilan seluruh penampakan dalam monitor kita akan fix dengan semestinya, sebagai berikut :
  • Buka tampilan awal monitor Anda.
  • Klik kanan pada mouse Anda, lalu pilih “Screen resolution”.
  • Pada tampilan Display, klik “Mobile PC Display”, pada Resolution, pilih “1366 x 768 (recommended), dan di Orientation, pilih “Landscape”.

  • Jangan lupa step by step pada langkah di atas, pilih “Apply” / “Ok”.
  • Selesai 

Setelah itu, tampilan akan normal kembali, seperti pada percobaan yang telah saya lakukan barusan :

Demikian share singkat tentang bagaimana cara membuat tampilan monitor komputer menjadi normal kembali sehingga lebih enak dilihat, apalagi untuk edit video ataupun edit gambar, tampilan yang tidak fix tentu merupakan masalah tersendiri yang harus segera diatasi. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

8 Komentar di "Solusi / Cara Mengatasi Tampilan Display Layar Monitor Komputer Melebar / Memanjang Setelah Instalasi OS Baru"

  1. Terimakasih atas impormasinya ya....

    ReplyDelete
  2. Bagaimana Kalo Di Screen Resolution Tdk Ada Tampilan "Orientation" dan Resolution Cuma Ada 1024 x 768 Ajaa..?? Rep Yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gunakan Driver Pack saja Gan...

      Delete
  3. Bagaimana Kalo Di Screen Resolution Tdk Ada Tampilan "Orientation" dan Resolution Cuma Ada 1024 x 768 Ajaa..?? Rep Yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk download Driver Pack tersebut silahkan kunjungi URL ==> http://drp.su. Semoga berhasil... Amiin...

      Delete
  4. makasih gan atas informasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mas Rizki..., terimakasih juga atas kunjungannya....

      Delete