Solusi / Cara Mengatasi Obyek Tidak Ditemukan Pada Saat Login Aplikasi Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Terjadinya permasalahan “Obyek tidak ditemukan” pada aplikasi Dapodikdas 2013 salah satunya disebabkan adanya salah satu atau beberapa elemen aplikasi ataupun setting pada sistem operasi aplikasi yang belum tepat, sehingga menyebabkan aplikasi tidak berjalan / running dengan semestinya.

Untuk mengatasi masalah obyek tidak ditemukan ketika login pada aplikasi Dapodikdas 2013, berikut saya share langkah-demi langkahnya :

1.   Tutup dahulu seluruh aplikasi yang sedang aktif pada layar monitor Anda.
2.   Klik kiri pada “start menu” monitor Anda.

3.   Input pada kotak pencarian pada “start menu” tadi dengan masukkan kata “services.msc”, tunggu sejenak hingga tab “services” muncul, setelah muncul klik “services”.
4.   Selanjutnya akan tampil halaman “Services (Lokal)”, scroll terus ke bawah lalu lihat pada bagian DapodikdasDB dan DapodikdasWebSrv, lihat “Status” keduanya, apakah blank ataukah terdapat keterangan Started, dan untuk running aplikasi Dapodikdas 2013 secara normal, kedua file ini ini harus berstatus “Started”.

5.   Apabila terdapat salah satu atau keduanya di antara DapodikdasDB dan DapodikdasWebSrv berstatus blank, kita harus setting status keduanya.
6.   Untuk mengaktifkan running file DapodikdasDB, klik kanan pada file tersebut, lalu klik “Start”.

7.   Untuk mengaktifkan running file DapodikdasWebSrv, klik kanan pada file tersebut, lalu klik “Start”.

8.   Setelah status kedua elemen file aplikasi Dapodikdas 2013 sudah Started, silahkan buka aplikasi Dapodikdas 2013 dan login kembali.

Demikian share singkat tentang bagaimana cara dan solusi mengatasi obyek yang tidak ditemukan pada saat login aplikasi Dapodikdas 2013. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

1 Komentar di "Solusi / Cara Mengatasi Obyek Tidak Ditemukan Pada Saat Login Aplikasi Dapodikdas 2013"

  1. Pak minta to long solusinya....sy tidak bisa login pada dapodik padahal tidak ada kesalahan pada penulisan data,jadi bingung kesalahannya di mana?

    ReplyDelete