Seberapa Pentingkah Backup Aplikasi Dapodikdas 2013 Itu ?

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam proses entry ataupun pemetaan data oleh kita semua sebagai sesama OPS, menurut hemat saya, backup data merupakan rangkaian proses yang sangat penting, karena tak mungkin kita sebagai OPS selalu mengulang entry data dari awal dan awal lagi. 

Oleh karena pentingnya hal ini, saya mengajak bagi seluruh Rekan-rekan OPS untuk lebih memperhatikan seluk-beluk tentang backup aplikasi Dapodikdas 2013 ini.

Menurut saya, hal-hal penting terkait backup Dapodikdas 2013, di antaranya adalah :

1.   Backup data mutlak dilakukan untuk menghindari inkonsistensi data, mengulang entry data dari awal lagi, dan sebagai upaya preventif apabila terjadi hal-hal yang tidak dinginkan pada laptop/PC kita.

2.   Backup data dilakukan setiap selesai melakukan perubahan pada aplikasi Dapodikdas 2013, baik sebelum sync maupun sesudah sync (jadi file backup Dapodikdas 2013 minimal ada 2 folder yang berbeda).

3.   File penyimpanan alternatif backup Dapodikdas 2013 paling aman, fleksibel, serta efisien pada flash disc.

4.   Saat proses backup data, sebaiknya aplikasi Dapodikdas 2013 tidak sedang aktif.

5.   Backup data hanya digunakan hanya di saat-saat tertentu, apabila : aplikasi Dapodikdas 2013 tidak beroperasi sebagaimana mestinya, data entry kembali ke awal, kegagalan proses update / patch aplikasi, dan lain seterusnya.

6.   Pastikan “Dapodikdas 2013” yang dicopas tersebut yang benar-benar paling terupdate, oleh karena itu, backup data dilakukan secara berkala dan periodik, bila backup lama diperkirakan sudah tak digunakan, segera replace / ganti dengan backup Dapodikdas 2013 yang terbaru (terakhir diubah pada aplikasi).

Cara backup Dapodikdas 2013 yang paling praktis adalah dengan menyalin / copy paste 1 (satu) folder “Dapodikdas” dalam “Program Files” pada local drive “C” ke drive atau media penyimpanan lain, misal : Copas ke drive “D”, drive “E”, flash disk, dan lain sebagainya.

Untuk tips teknis bagaimana menggunakan backup data-data dari aplikasi Dapodikdas 2013 secara lebih spesifik, insya Allah dalam kesempatan ke depan akan saya ulas satu demi satu dalam artikel-artikel update dalam situs ini selanjutnya, di antaranya solusi untuk mengatasi profil sekolah dan absensi peserta didik tak dapat diunduh, maupun untuk mengatasi data Peserta Didik maupun PTK yang hilang dari aplikasi, serta upaya-upaya penyelamatan penting pada aplikasi Dapodikdas 2013 lainnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

4 Komentar di "Seberapa Pentingkah Backup Aplikasi Dapodikdas 2013 Itu ?"

  1. Trim mas atas sharenya. Tapi sdh beberapa hari ini aplikasi sekolah kami tidak terbuka alias "server tidak ditemukan". Gawat ni mas, waktu tinggal beberapa hari lag. mohon solusinya..... trims banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba cara ini Pak, dengan klik di sini Jangan lupa backup dahulu "Dapodikdas-nya" Pak... Terimakasih sama-sama...

      Delete
  2. izin download pak file2nya semoga bermamfaat dan bernilai ibadah, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Pak Muhammad Syahrir... Amiin... Terimakasih atas do'a baiknya Pak, semoga do'a baik ini berkah untuk kebaikan Bapak juga... Amiin...

      Delete