Permasalahan Aplikasi Dapodik 2013, Server Dapodik Sedang Dalam Perbaikan

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Rekan-rekan OPS di manapun Anda berada, terkait dengan adanya beberapa permasalahan yang terjadi pada akhir-akhir ini, tak terkecuali terjadi pula pada diri saya sendiri, sehingga pada akhir-akhir ini saya belum bisa membalas komentar-komentar yang sebagian besarnya berupa pertanyaan-pertanyaan seputar aplikasi Dapodikdas 2013 baik mulai dari proses registrasi, entry data, pemetaan data-data, hingga hal-hal teknis yang berkaitan dengan sinkronisasi dengan server Dapodik 2013.

Karena saya pribadi sebagai OPS yang sama dengan Rekan-rekan, saya menganggap akan betapa pentingnya aplikasi Dapodikdas 2013 ini dalam menentukan kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap sekolah. 

Oleh karena itu, melalui blog personal saya ini, saya senantiasa berusaha mempublikasikan hampir segala hal yang berkaitan dengan aplikasi Dapodikdas 2013 yang berasal dari pengalaman-pengalaman dari diri-sendiri dan teman-teman di sini.

Selain berbagi solusi dan pengalaman, melalui blog ini pula, telah saya share / berbagi informasi seputar aplikasi Dapodikdas 2013, dan tentunya, seluruh info maupun hal teknis yang berhubungan dengan aplikasi Dapodikdas 2013, saya share hanya dari sumber-sumber yang resmi dan terpercaya.

Sehubungan dengan berbagai masalah-masalah yang saat ini sedang kita hadapi bersama dalam proses pendataan Dikdas 2013 melalui aplikasi Dapodikdas 2013, berikut saya share informasi terupdate yang sangat objektif tentunya, yakni adanya pelaporan dari salah satu Rekan OPS kita terkait permasahan-permasalahan seputar aplikasi Dapodikdas 2013 yang saya kutip dari webste resmi "LAPOR" (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat), berikut isi dari laporan tentang permasalahan Aplikasi Dapodik 2013, sekaligus tindak lanjut laporan yang didisposisikan oleh administrator ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai berikut :


LAPORAN dari USER: 628527815xxxx

Saya salah satu operator Sekolah Dasar yang ditugaskan untuk menginput Dapodik baik data pengajar, tenaga kependidikan sekolah dan data peserta didik meminta bantuan Bapak/Ibu agar Aplikasi Dapodik 2013 dapat selesai kami kerjakan.

Karena untuk saat ini aplikasi dapodik 2013 masih bermasalah salah satunya untuk PTK baru tidak dapat masuk ke tabel utama sedangkan PTK tersebut adalah guru kelas. Dikarenakan tidak bisa masuk ke tabel utama maka Peserta Didik pun tidak dapat masuk ke Rombongan Belajar. Ini hanya salah satu permasalahan yang kami para Operator hadapi.

Terima kasih atas perhatiannya.
Mohon ditindaklanjuti.
Terima kasih.


TINDAK LANJUT LAPORAN :

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

Terima kasih atas laporannya.

Mohon maaf atas ketidaklancaran dalam mengakses Dapodik Dikdas. Hal tersebut dikarenakan server DAPODIK dalam perbaikan.

03 December 2013 17:17:07

Demikian informasi seputar aplikasi Dapodikdas 2013 untuk sementara ini bahwa server Dapodik sedang dalam perbaikan, semoga seluruh perbaikan yang sedang dilakukan oleh Tim Dapodik Ditjen Dikdas terkait aplikasi Dapodikdas 2013 segera selesai dengan hasil yang optimal, sehingga saya serta Rekan-rekan OPS semuanya dapat kembali bertugas dengan sebaik-baiknya. Amiin… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Permasalahan Aplikasi Dapodik 2013, Server Dapodik Sedang Dalam Perbaikan"

  1. Assalamu'alaikum kang maaf.... saya kira kang dadang orang dalam dapodik ternyata sama ops...., mungkin kang bisa bantu masalah tentang update patch 2.04 jadi masalah di form SKHUN siswa pada hilang.... padahal mau kita entry...sehingga ketika di validasi tetep muncul merah2 karena kolom SKHUN belum terisi...(ngisi gimana lha kolomnya hilang) he he he ....terimakasih shob

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh... Benar Sob..., saya hanyalah OPS biasa sama seperti Anda... Untuk kolom SKHUN pada v.2.0.4 berada pada bagian REGISTRASI Peserta Didik... Terimakasih...

    ReplyDelete