Panduan Input / Entry Data Semester 2 (Genap) Tahun Pelajaran 2013 – 2014 Pada V.2.0.5 Aplikasi Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Berikut saya share kembali informasi penting seputar aplikasi Dapodikdas 2013 dari situs grup media sosial Info Pendataan Ditjen Dikdas khususnya mengenai hal-hal penting terkait proses entry data pada semester 2 (genap) TP. 2013/2014 dalam aplikasi Dapodikdas 2013 khususnya pada v.2.0.5 saat ini.

Hal-hal penting serta panduan input data semester 2 aplikasi Dapodikdas 2013 ini telah saya kutip dari postingan Bpk. Yusuf Rokhmat, seperti di bawah ini.

Kami informasikan sebagai berikut:

Menginjak kalender pendidikan memasuki Semester 2, maka kepada Rekan-rekan OPS silakan mengupdate periode pendataannya ke semester 2, dengan beberapa catatan :

1.   Pastikan aplikasi yang digunakan 2.05

2.   Untuk memudahkan pengisian data di SMT 2, pastikan data SMT 1 sudah lengkap dan benar, tidak ada data invalid merah

3.   Perbedaan data di SMT 1 dan 2 yang akan kosong kembali :

a.   Rombel, anggota Rombel
b.   Tabel pembelajaran
c.   Data periodik Sekolah, periodik PD, dan periodik Sarpras

4.   Untuk meningkatkan efektivitas pengisian SMT 2, untuk point 3.a terlampir panduan updating Semester 2 sehingga Rombel, Anggota Rombel dapat dilanjutkan (tidak entry ulang)

5.   Tabel Pembelajaran lakukan mapping kembali , karena pembagian mengajar dilakukan setiap periode semester untuk masing-masing PTK mengajar sesuai dengan pembagian tugas mengajar di sekolah nya.

6.   Untuk meningkatkan efektivitas entry data dan interaksi pengguna, akan di buatkan fasilitas fitur (candidat release) yang memindahkan data periodik SMT 1 = SMT 2 secara otomatis di data periodik siswa, Sarpras, dan Sekolah. sehingga tidak perlu input 1 per 1 kembali di setiap data periodik.

PANDUAN PENGISIAN DATA SEMESTER 2 (GENAP) TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DALAM APLIKASI DAPODIKDAS V.2.0.5

1.   Pada halaman saat akan login pilih / klik anak panah ke bawah pada pilihan semester Genap / 2013/2014. Pastikan saat login menggunakan email (username) dan password sama dengan sebelumnya dengan versi aplikasi Dapodikdas 2013 terupdate v.2.0.5.

2.   Periksa bahwa Identitas Sekolah serta Informasi versi aplikasi pada beranda aplikasi Dapodikdas 2013 sudah benar / sesuai, baik nama sekolah, kecamatan, semester genap, serta menggunakan v.2.0.5.

3.   Pilih tabel “Rombongan Belajar” (Rombel), lalu klik tombol “Lanjutan Semester” untuk memunculkan seluruh Rombel dari semester I muncul kembali pada semester II, kemudian pilih Rombel pada semester I untuk berlanjut ke semester II (bila anggota Rombel / siswanya tidak berubah), jika Rombel di sekolah diacak / dirubah kembali, maka buat Rombel baru di semester II ini.

4.   Periksa seluruh Anggota Rombel pada semester 2 sama dengan semester 1 sebelumnya dan tetap berada di posisinya semula (Rombel tidak diacak).

5.   “Pembelajaran” kosong kembali, silahkan mapping kembali PTK-PTK yang mengajar pada setiap mata pelajaran pada seluruh Rombel sesuai dengan Roster / Jadwal Pelajaran serta SK Tugas Mengajar di sekolah pada semester II ini.

6.   Cek kembali validasi, data periodik Peserta Didik pada semester II TP. 2013/2014 akan kembali kosong, Data Periodik Sekolah, dan Sarpras, sementara diabaikan dulu, karena pada versi aplikasi Dapodikdas 2013 selanjutnya akan dibuat/ditambahkan fitur baru untuk memindahkan isian data-data secara otomatis dari semester I ke semester II (jika data periodik pada semester II berubah / berbeda dengan data pada semester I, silahkan lengkapi datanya).
7.   Cek “Validasi”, dan pastikan data-data pada aplikasi Dapodikdas 2013 sudah tidak ada invalidnya (invalid 0).

Demikian share mengenai panduan pengisian aplikasi Dapodikdas 2013 untuk semester 2 / semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Referensi artikel : Info Pendataan Ditjen Dikdas

Artikel Terkait:

9 Komentar di "Panduan Input / Entry Data Semester 2 (Genap) Tahun Pelajaran 2013 – 2014 Pada V.2.0.5 Aplikasi Dapodikdas 2013"

  1. sangat membantu nih,, infonya sangat berguna :) nice

    ReplyDelete
  2. untuk data periodik PD gak perlu diinput ulang kah Pak Dadang? dan apakah candidat relesae akan ada pada patch 2.06 atau di 2.05? makasih infonya Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebatas pemahaman saya begini Pak Muh. Zaini..., Yang pasti dalam semester 2 kita perlu edit Rombel dan Pembelajaran dulu, untuk data periodik khan ada 3 : Sekolah, Sapras, dan PD, khusus untuk Periodik PD ini apakah kita perlu edit atau tidak saat ini saya juga belum yakin kepastiannya, sebab sudah ada sinyal akan ada patch baru v.2.0.6 yang akan ada fitur tambahan untuk memindahkan data periodik dari semester 1 ke 2. Apakah periodik untuk ke-3-nya atau 2 saja... Sama-sama kita tunggu Pak... Terimakasih...

      Delete
  3. mohon maaf, blh sya mnta tlong agar bisa menginformasikan sumber/dokumen yg mnyatakan bahwa pada Dapodik 2013/2014 hanya diakui 1 kepala LAB saja. trimakasih
    085253180841

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... Saya sendiri sudah mendapatkan kepastian tentang hal ini, bahwasannya Kepala Laboratorium yang diakui dalam aplikasi Dapodikdas 2013 hanya 1 Kepala Laboratorium, yang selainnya disebutkan sebagai Pengurus. Untuk lebih meyakinkan Pak Gede Sucita, silahkan konfirmasikan tentang hal ini langsung di Grup Facebook Info Pendataan Ditjen Dikdas Pak....? Semoga membantu, terimakasih...

      Delete
  4. Pak Dadang Mau nanya pak, ,jumlah rombel dan PD antara aplikasi dapodikdas yang saya kirim dengan progres pengriman di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id, tidak sama jumlahnya Rombelnya jadi dobel kelas 1,2,3,4,5,6 semua jadi dobel, perserta didiknyapun namamya juga dobel, misalny: nama PD dibawah:

    Anita
    Anita
    Yusuf
    Yusuf
    Joni
    Joni, dan seterusnya....

    Utuk mengatasi masalah saya ini gimana ya pak dadang.?? mohon Bantuannya.

    ReplyDelete
  5. Untuk jam Operator Sekolah kenapa di Aplikasi Dapodik sampe skrg tidak diakui JJMnya ? padahal kerja OPS berat tanggung jawabnya, waktu keluarga, waktu untuk mencari penghasilan lain jadi tersita lantaran tersita untuk berbagai kendala Dapodikdas sementara OPS banyak yg hanya Sukwan, gaji kita yg msh sukwan di bawah jauh UMR, dan belum ada pihak terkait memikirkan kesejahteraan OPS, yg dipikir tunjangan para guru terus...

    ReplyDelete
  6. http://operatorsekolah.com/cara-mudah-input-data-aplikasi-biodata-un-14-menggunakan-generator-bioun-14-versi-1-1-0/

    ReplyDelete