Fenomena Baru Sinkronisasi V.2.0.4 Aplikasi Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Mohon izinkan saya share seputar sinkronisasi Dapodikdas 2013 terupdate melalui situs personal saya ini, berharap dapat menambah wawasan bagi kita semua. Artikel ini sekaligus sebagai curahan hati, pikiran, dan pengalaman terbaru saya terkait dengan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas 2013.

Sekali lagi, seluruh isi dari artikel saya kali ini hanya share dari SAYA PRIBADI, bagaimana Rekan-rekan menyikapinya, silahkan dikomentari tentang hal ini, bila Anda masih ragu, mohon jangan dilakukan tips ini, karena hasil akhir pengalaman baru ini, pada awalnya benar-benar sangat jauh dari perkiraan saya sebelumnya :

ASAL SUDAH :

1.   Invalid “0”.
2.   PTK dan PD baru sudah diinput semua.
3.   Seluruh pemetaan Rombel, Pembelajaran, Sapras, dll sudah lengkap dan selesai.
4.   Backup Dapodikdas pada perubahan terakhir telah dilakukan.

JANGAN RAGU UNTUK SEGERA DI SINKRONISASIKAN / “SYNC”

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN :

1.   Jangan pernah menghapus data PTK / PD yang ganda, nama Kepsek ganda pada “Profil Sekolah”.
2.   Abaikan “Data yang Mengalami Perubahan” pada tampilan awal proses sync, apabila ditemukan :
a.   PTK jumlahnya ganda. Misal, seharusnya 10 kok jadi 20.
b.   PD jumlahnya tidak sesuai, misal : seharusnya 134, kok jadi 169.
c.   Pada bagian a & b di atas DIABAIKAN SAJA, asal pada entry dan pemetaan data sudah benar-benar optimal kita kerjakan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
3.   Sync yang sudah berhasil / gagal, selalu akan memberikan pelajaran berharga bagi kita nantinya.
4.   Jika sudah berhasil Sync melalui v.2.0.4 dan sudah tercantum dalam “Progress Pengiriman”, jangan lakukan sync lagi, karena berkemungkinan akan dapat “merusak data”, selain itu juga memberikan kesempatan pada rekan OPS lainnya, agar server Dapodikdas 2013 tidak overload. Untuk aplikasi Dapodikdas 2013 yang telah berhasil “sync” tersebut, selanjutnya cek & ricek kembali / analisa kembali data, dan perbaiki kembali beberapa entry data / pemetaan data yang perlu diubah.
5.   Data perubahan setelah sync pertama berhasil itulah yang akan kita sync kembali pada v.2.0.5 nanti.

Ketidaksesuaian pada HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN di atas, setelah dilakukan Sync oleh saudari saya yang bertugas sebagai OPS juga, serta kebetulan mulai dari backup Dapodikdas hingga proses Sync selesai, saya pandu via handphone semalam, alhamdulillah sync berhasil, dan TERNYATA :

1.   Data jumlah PD pada aplikasi Dapodikdas tetap pada jumlah awal dan tidak ada satupun data PD berstatus “merah”.
2.   Data jumlah PTK pada aplikasi Dapodikdas tetap pada jumlah awal dan tidak ada satupun PTK yang berstatus “merah”.
3.   Pemetaan seluruh data pun tidak berubah, nama sekolah juga tetap.

Demikian saya share pengalaman pribadi terkait sinkronisasi Dapodikdas 2013 terupdate saat ini yang hasilnya memang sering didapati berbeda antara Rekan-rekan OPS satu dengan yang lainnya. Dan akhirnya, saya pribadi berharap, semoga info yang real ini bermanfaat positif bagi kita semua… Amiin… Terimakasih, salam satu data berkualitas…! (Dadang JSN).

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Fenomena Baru Sinkronisasi V.2.0.4 Aplikasi Dapodikdas 2013"

  1. Pak, jumlah kepsek pada hsil unduhan profil ada 4 dgn nama yg sma,, apkah sya hrus mlksnakan sinkronsasi atau ada solusi lain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, backup dulu "Dapodikdas-nya" Bu Arum... Lalu sinkronisasikan, biasanya nama kepsek setelah sync berhasil akan kembali normal (1 orang saja). Selanjutnya apabila ada perbaikan entry maupun pemetaan data kembali, sync ulang pada v.2.0.5 nanti Bu... Terimakasih....

      Delete