Dukungan (Support & Update) Microsoft Pada Windows XP Berakhir Pada 8 April 2014

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Artikel update ini saya tujukan khususnya bagi Rekan-rekan OPS yang saat ini masih menggunakan OS (Operating System) Windows XP pada laptop/PC yang digunakan untuk menjalankan Aplikasi Dapodikdas 2013, mumpung masih ada kesempatan sebelum batas akhir pengiriman entry data dari Aplikasi Dapodikdas 2013 ini sampai dengan tanggal 16 Februari 2014, demi keamanan data sekaligus keamanan komputer masing-masing, secara pribadi menurut saya, alangkah baiknya segera diupdate OS-nya ke Windows 7.

Hal tersebut di atas hendaknya perlu diperhatikan, dikarenakan pada tanggal 8 April 2014, dukungan dan update untuk Windows XP dari Microsoft tidak akan lagi tersedia. Maka Jangan biarkan Aplikasi Dapodikdas 2013 yang dengan susah payahnya kita entry ke dalam PC kita yang masih menggunakan OS Windows XP nantinya tidak berperforma dengan baik, karena tanpa adanya perlindungan / keamanan yang terus terupdate dari Microsoft.

Oleh karenanya, jika kita masih memaksakan diri untuk terus menggunakan Windows XP setelah dukungan berakhir, mungkin komputer akan tetap bekerja tapi berkemungkinan besar lebih rentan terhadap risiko keamanan dan virus. Dan tentu hal ini sangat tidak kita inginkan terjadi pada komputer kita, terlebih sampai merusak data-data maupun aplikasi Dapodikdas 2013.

Untuk menambah pengetahuan kita bersama, bahwa Microsoft telah memberikan dukungan untuk Windows XP ini sejak 11 tahun yang lalu. Oleh karena dengan adanya hardware dan software mitra Microsoft ke arah perkembangan teknologi yang lebih baru, salah satunya, yaitu pada 8 April 2014, bantuan teknis untuk Windows XP tidak akan lagi tersedia, termasuk update otomatis yang membantu melindungi PC kita. Microsoft juga akan berhenti memberikan Microsoft Security Essentials untuk di-download pada Windows XP pada tanggal tersebut.

Apa artinya jika versi Windows tidak lagi didukung ?

Sebuah versi didukung Windows tidak akan lagi menerima pembaruan perangkat lunak dari Windows Update. Ini termasuk update keamanan yang dapat membantu melindungi PC kita dari virus berbahaya, spyware ,dan software berbahaya lainnya, yang akan dapat mencuri informasi pribadi kita. Windows Update juga menginstal update software terbaru untuk meningkatkan keandalan Windows driver baru untuk hardware kita dan lain sebagainya.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam informasi ini, yaitu : tidak ada SP3 untuk versi 64-bit dari Windows XP. Jika kita menjalankan versi 64-bit Windows XP dengan SP2, kita memiliki paket layanan terbaru dan akan terus memenuhi persyaratan untuk dukungan dan menerima update sampai tanggal 8 April 2014. Untuk mengetahui versi dan edisi sistem operasi komputer ataupun apakah PC kita menjalankan 32-bit atau 64- it versi Windows? Berikut langkah-langkahnya :

Apakah PC saya menjalankan 32-bit atau 64-bit versi Windows ?

Berlaku untuk edisi ini Windows 7

Istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara prosesor komputer (juga disebut CPU) , menangani informasi. Versi 64-bit Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada versi 32-bit. Ikuti langkah-langkah di bagian bawah untuk mengetahui apakah PC kita menjalankan 32-bit atau 64-bit versi Windows dan apa edisi Windows pada PC kita.

Cara untuk mengetahui versi Windows dan edisi windows PC pad Windows XP kita, klik Start, klik kanan My Computer, lalu klik Properties.
ü Jika "x64 Edition" terdaftar di bawah Sistem, kita menjalankan versi 64-bit dari Windows XP.
ü Jika kita tidak melihat "x64 Edition" terdaftar di bawah Sistem, kita menjalankan versi 32-bit dari Windows XP.
ü Edisi Windows XP kita menjalankan ditampilkan di bawah Sistem di dekat bagian atas jendela.

Cara untuk mengetahui versi Windows dan edisi Windows pada komputer yang menjalankan Windows Vista atau Windows 7, klik tombol Start Gambar tombol Start , klik kanan Computer, lalu klik Properties.

ü Jika "64-bit Operating System" yang tercantum di samping jenis Sistem, kita menjalankan versi 64 - bit dari Windows Vista atau Windows 7 .
ü Jika "32-bit Operating System" yang tercantum di samping jenis Sistem , kita menjalankan versi 32-bit dari Windows Vista atau Windows 7 .

Edisi Windows Vista atau Windows 7 kita menjalankan ditampilkan di bawah Windows edisi dekat bagian atas jendela. Jika versi Windows kita masih didukung, Kita harus selalu pastikan untuk menginstal update terbaru atau paket layanan untuk Windows. Kita dapat men-download dan menginstal ini melalui Windows Update.

Demikian share seputar update OS (Operating System) pada komputer agar terus support dengan aplikasi Dapodikdas 2013. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Referensi artikel : http://windows.microsoft.com/en-us/windows/end-support-help

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Dukungan (Support & Update) Microsoft Pada Windows XP Berakhir Pada 8 April 2014"

Post a Comment