Cara Uji Keberhasilan Sync / Sinkronisasi Dapodik 2013

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Ada beberapa cara untuk memastikan / menguji bahwa sinkronisasi / sync aplikasi Dapodikdas 2013 kita telah berhasil atau belum? 

Pada artikel sebelumnya telah saya ulas bagaimana cara cek hasil sinkronisasi / sync aplikasi awal Dapodikdas 2013.

Namun di sini saya akan share satu tips praktis untuk mengetahui keberhasilan sync yang lebih spesifik dan akurat sekaligus sebagai kelanjutan dari artikel saya sebelumnya tentang cara cek hasil sinkronisasi / sync aplikasi tahap pertama Dapodikdas 2013, karena hasil sync inilah yang merupakan hasil akhir sinkronisasi Dapodik 2013.

Berikut cara menguji keberhasilan sync Dapodikdas 2013 :



2.   Input / masukkan email dan password yang biasa kita gunakan saat login aplikasi Dapodikdas 2013.

3.   Lihat pada beranda / Dashboard pada halaman login manajemen Pendataan Dikdas tersebut.


Selanjutnya, kita dapat melihat secara lebih detail seluruh data-data terbaru hasil sync terakhir via aplikasi Dapodikdas 2013, di antaranya :

1.   Klik pada tab “Data Pokok”, untuk melihat rincian :

a.   Profil Sekolah
b.   Prasarana
c.   Sarana
d.   Peserta Didik (PD)
e.   Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
f.    Rombongan Belajar (Rombel).

2.   Klik pada tab “Management”,  untuk melihat rincian :

a.   Unduh Data
b.   Data Prefill
c.   Ganti Password
d.   Keluar.

Selain kita dapat melihat hasil perubahan terbaru / perbandingan data antara Dapodik 2012 dengan Dapodikdas 2013 hasil sync terbaru pada masing-masing rincian di atas, kita juga dapat melihat rincian data terkait sinkronisasi yang telah berhasil kita lakukan, yang terdiri dari 3 tabel, yaitu :

1.   Riwayat Sinkronisasi (Waktu Sinkronisasi, Tambah, Update, Hapus, dan Konflik)
2.   Data Bermasalah (Jenis Data dan Keterangan)
3.   Riwayat Login (Waktu, IP, dan Keterangan).

Dalam halaman Login Manajemen ini juga kita akan mendapatkan satu fasilitas penting yakni “Generate Prefill” untuk menggantikan prefill aplikasi Dapodikdas 2013 sebelumnya yang insya Allah akan segera dapat kita gunakan sebagai file backup database aplikasi Dapodikdas 2013 versi terakhir yang telah berhasil kita sinkronisasikan dengan server Dapodik Ditjen Dikdas.


Demikian share pada kesempatan kali ini, yakni tentang bagaimana cara mudah agar kita dapat menguji keberhasilan Sync ataupun Sinkronisasi via aplikasi Dapodikdas 2013 terbaru saat ini, semoga bermanfaat bagi Rekan-rekan OPS semuanya… Amiin… Salam Satu Data dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

7 Responses to "Cara Uji Keberhasilan Sync / Sinkronisasi Dapodik 2013"

  1. saya sdh berhasil melakukan sinkron tapi setelah lihat hasilnya tidak ada perubahan pada jumlah siswa, padahal sudah saya pindahkan ke tanel utama, solusinya dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu hingga server pusat benar-benar fit dan fix... :)

      Delete
  2. aplikasi dapodik ini memang banyak masalah. masa data yg disinkron tidak sesuai dengan data diprogres pengiriman.
    Jumlah siswa jadi banyak, ptk dari 15 orang masa cuma tampil 3 org doang, jumlah rombel gak sesuai seharusnya 11 malah yg tampil 33 rombel. iki piyeee...

    ReplyDelete
  3. mantap sob... langsung coba

    ReplyDelete
  4. Emank Beneeer2 gx brubah pdhaal d dasbor dh bener

    ReplyDelete
  5. sy mengalami kendala saat pengimputan bahwa salah satu guru utk nipx terbalik bulan n tgl lahirx,, tp sy sdah synkron dgn 2.0.7 tp sy mau cek SK TP nya tp blum bisa terbuka.. mohon solusix sob...tq

    ReplyDelete
  6. mas dadan,,, sy mau nanyakn klo SKTP sdah keluar, smtra salah satu guru sdah gol. 3a tp yg tertulis di SKTP gol. 2d.. apa masih bisa kt melakukan perubahan Golongan tersebut untuk diSKnya.. tq mas

    ReplyDelete